Sukses

Tak Perlu Repot Screenshot, Kamu Bisa Bagi Posting Langsung di Instagram Stories

Liputan6.com, Jakarta - Instagram terus memperkaya pengalaman pengguna yang memanfaatkan platformnya. Kali ini, layanan milik Facebook itu merilis fitur yang memungkinkan seseorang membuat Stories dari unggahan orang lain.

Dikutip dari Tech Crunch, Sabtu (19/5/2018), fitur ini sebenarnya sudah sempat terdengar pada awal 2018. Dengan cara ini, pengguna membagikan kembali unggahan Instagram seseorang melalui Stories.

Ide di balik fitur ini adalah menawarkan opsi bagi pengguna untuk merespons sebuah post dengan menggunggahnya kembali di Instagram Stories. Sebagai contoh, pengguna dapat mengomentari unggahan seseorang atau merek, termasuk menggamit (mention) orang lain.

Kehadiran fitur ini sekaligus menjadi alternatif bagi pengguna untuk berinteraksi dengan temannnya yang ada di platform ini. Sekadar informasi, fitur tag teman sendiri sudah menjadi hal yang umum di Instagram sejak beberapa tahun terakhir.

Namun, perlu diingat, fitur ini hanya dapat dilakukan di akun Instagram yang terbuka untuk umum. Kendati demikian, pengguna yang memiliki akun terbuka, tapi tak ingin unggahannya dibagikan ulang, dapat mematikan fitur ini.

Untuk membagikan ulang unggahan orang lain di Stories, pengguna cukup memilih ikon pesawat kertas di sebuah posting-an. Cara ini sebenarnya mirip saat pengguna ingin mengirimkan unggahan tersebut melalui Direct Message.

Akan tetapi, pengguna akan melihat opsi baru, yakni membagi unggahan tersebut sebagai Stories. Setelah itu, pengguna akan diarahkan ke laman untuk Stories dan dapat mengubahnya sesuai dengan keinginan.

Saat muncul, Stories tersebut juga akan menampilkan username pengguna yang sebenarnya mengunggah gambar tersebut. Pengguna yang mengetuk akun tersebut nantinya akan diarahkan langsung ke unggahan asli gambar bersangkutan.

2 dari 3 halaman

Stiker Polling Emoji Slider

Instagram belum lama ini merilis stiker polling baru bernama "emoji slider".

Dilansir Tech Crunch, Jumat (11/5/2018), emoji slider ini merupakan cara baru bagi pengguna untuk menggelar jajak pendapat di Stories. Para pengguna bisa memberikan peringkat pada jajak pendapat dengan menggunakan emoji.

Melalui fitur ini pengguna bisa menanyakan atau mengetahui seberapa besar ketertarikan teman-temannya di Instagram terhadap sesuatu.

Misalnya, kamu bisa menanyakan kepada para follower di Instagram, seberapa besar mereka menyukai pizza. Kemudian, kamu dapat melihat rata-rata jawaban mereka.

Fitur baru ini dinilai lebih interaktif ketimbang stiker "poll" di Stories, yang hanya menyediakan dua pilihan jawaban untuk jajak pendapat. Menurut pihak Instagram, stiker emoji slider ini merupakan cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan teman-teman.

Stiker emoji slider di Instagram sudah tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Namun jika belum melihat stiker ini Stories, maka kamu harus mengunduh versi terbaru Instagram terlebih dahulu di Google Play atau App Store.

3 dari 3 halaman

Instagram Segera Hadirkan Fitur Stiker Musik di Stories

Instagram terbilang cukup sering merilis berbagai fitur baru untuk layanannya, terutama Stories. Sebelumnya, aplikasi berbagi foto dan video ini dilaporkan sedang menguji fitur baru, yakni pengguna akan bisa menambahkan musik ke Stories.

Sejauh ini, belum diketahui rincian cara kerja fitur tersebut. Uji coba fitur musik di Instagram Stories pertama kali ditemukan oleh Ishan Agarwal di kode Instagram. Fitur ini diberi nama "Music Sticker".

Menurut laporan The Next Web, pengguna bisa menggunakan stiker baru itu untuk mencari klip musik dan diunggah ke Stories. Pengguna nantinya juga bisa mencari musik di beberapa tab berbeda dengan label Trending, Genre, dan Mood.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

BERAGAM KECANTIKAN, SATU INDONESIA

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Lawan Perisakan, Instagram Makin Ketat Saring Komentar Pengguna
Artikel Selanjutnya
Instagramxiety, Kecemasan Berlebih Seseorang dengan Instagram