Sukses

Square Enix Ungkap Jadwal Rilis Final Fantasy VII Remake

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kabar kehadiran versi remake dari Final Fantasy VII diungkap pada E3 2015, Square Enix akhirnya resmi mengumumkan kapan salah satu judul gim yang disebut-sebut sebagai seri terbaik Final Fantasy ini.

Kepastian informasi ini diungkap oleh produser Final Fantasy, Yoshinori Kitase, dan development head Final Fantasy, Naoki Hamaguchi. Namun, dalam pengumuman ini ada hal yang mengecewakan karena jadwal rilis gim ini ternyata masih lama.

Dikutip dari Tech Times, Selasa (15/5/2018), Hamaguchi dan timnya berencana merilis Final Fantasy VII Remake pada 2023. Jadwal itu dipilih karena berbarengan dengan perayaan 35 tahun franchise Final Fantasy.

Meski masih lama, ia menyebut para pengembang sudah menyiapkan sejumlah perubahan untuk gim terbaru ini. Salah satunya adalah menyiapkan sesuatu yang benar-benar baru untuk gim ini.

Sejak tiga tahun lalu, Square Enix masih belum mengungkap detail informasi terkait gim ini. Kendati demikian, pengembang asal Jepang itu sudah merekrut sejumlah sosok penting dalam pengembangan gim ini.

Salah satunya adalah komposer musik dari seri Final Fantasy VII orisinal, yakni Nobuo Uematsu. Sebelumnya, pengembang juga sudah membuka lowongan kerja untuk membuat versi paling baru dari gim ini. 

2 dari 3 halaman

Pengembangan Final Fantasy VII Remake Tertunda

Sebelumnya, Square Enix memang sempat mengungkapkan jika penggarapan Final Fantasy VII Remake molor alias ditunda. Menurut sutradara Tetsuya Nomura proses pengembangan gim tersebut tidak bisa dipercepat karena satu alasan.

Dikutip laman Attack of the Fanboy, Rabu (26/7/2017), alasannya tak lain karena penggarapan Final Fantasy VII Remake disebabkan sudah dipindahkan secara penuh ke produksi internal.

Apa yang dikatakan Nomura sebetulnya berhubungan dengan update Final Fantasy VII Remake pada Mei 2017. Waktu itu, Square Enix memutuskan untuk memecah penggarapan Final Fantasy VII Remake ke dua perusahaan yang berbeda, di mana salah satunya CyberConnect2.

Saat dipecah, Square Enix akan berfokus pada penggodokan cerita, sedangkan CyberConnect2 akan menggarap mekanisme gameplay. Namun, karena Nomura mengatakan penggarapan akan dilakukan secara internal, sepertinya Final Fantasy VII Remake akan dikerjakan oleh Square Enix sendiri.

Diketahui, dalam menggarap Final Fantasy VII Remake, Square Enix pun menambah divisi baru, yaitu Business Divisions yang dikhususkan untuk pengembangan gim. Nanti, setiap divisi-divisi tersebut akan dipimpin oleh karyawan senior Square Enix seperti Naoki Hamaguchi dari Mobius Final Fantasy.

3 dari 3 halaman

Square Enix Pamer Cuplikan Gameplay Final Fantasy VII Remake

Kendati demikian, Nomura sebenarnya sempat memamerkan cuplikan gameplay dari versi teranyar ini. Gameplay Final Fantasy VII Remake memperlihatkan adegan pertarungan Cloud (karakter utama Final Fantasy VII, red.) melawan seorang tentara Midgar.

Pada cuplikan tersebut, Cloud sedang berlindung di sebuah kotak besar. Tampak pula command khas Final Fantasy VII seperti Attack, Magic, Materia dan Item.

Sementara gambar kedua memperlihatkan Cloud dan Barret terlibat baku hantam dengan boss pertama di Midgar, Guard Scorpion. Meski belum terlihat, grafis untuk gim ini dipastikan akan mengalami perombakan besar-besaran. 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Loading