Sukses

Gunung Merapi Semburkan Asap, Doa Warganet Jadi Trending Topik

Sejumlah warganet berkicau mengenai kondisi terkini Gunung Merapi dan berharap keadaan berangsur membaik.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Merapi yang terletak di Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dilaporkan baru saja mengeluarkan letusan freatik.

Kepastian kabar ini disampaikan oleh BPBD Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dalam keterangan tertulis, BPBD meminta agar masyarakat tetap tenang dan menjauhi radius 3 km dari puncak kawah.

Kejadian ini ternyata memacing komentar sejumlah warganet di Twitter. Banyak dari warganet yang berharap agar kejadian dan kondisi di sekitar Gunung Merapi maupun Yogyakarta tetap aman.

"Gunung Merapi meletus terjadi jam 07.47 WIB, semoga Jogja tetap dilindungi," tulis akun Twitter @basukirackmat10.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (11/5/2018), topik perbincangan seputar Gunung Merapi juga berada di puncak trending topic Twitter Indonesia.

Akun lain dengan nama @MedicoreCapulus juga berharap hal serupa. Dalam unggahannya pagi ini, ia berharap tak ada hal buruk yang terjadi setelah Gunung Merapi dilaporkan mengeluarkan letusan freatik.

"Merapi has erupted. I don't know the condition of the volcano itself. I hope nothing bad will happen #merapi #volcano," tulisnya.

Berikut ini kami juga menghimpun kicauan dari sejumlah warganet seputar peristiwa meletusnya Gunung Merapi ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Terkini Gunung Merapi

Sekadar informasi. kali ini Gunung Merapi baru saja mengeluarkan letusan freatik. Letusan dilaporkan terjadi pada pagi hari sekitar pukul 07.40 WIB. 

Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho pernah menjelaskan bahwa letusan freatik terjadi akibat adanya uap air bertekanan tinggi. Uap ini terbentuk karena ada pemanasan air di bawah yang kontak langsung dengan magma.

"Letusan Freatik disertai dengan asap, abu, dan material di dalam kawah. Sulit diprediksi," kata Sutopo Purwo Nugroho kepada Liputan6.com, 2017 lalu.

Sementara itu, di sejumlah daerah dilaporkan terjadi hujan abu tipis. Di daerah Kecamatan Muntilan hujan abu tipis terjadi di wilayah Kwilet dan kelurahan Gondosuli. Meskipun tipis dan dinyatakan normal, tetapi sejumlah sempat khawatir ada letusan besar.

Menanggapi kejadian ini, masyarakat diminta untuk tetap tenang. Selain itu, penerbangan yang menuju atau yang berangkat dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta masih berjalan normal.

"Bandara tetap beroperasi normal. Tidak ada penutupan," kata Manajer Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait, Jumat (11/5/2018).

3 dari 3 halaman

Ramai-Ramai Update Foto Letusan Freatik Gunung Merapi

Sebelumnya, sejumlah foto situasi letusan Gunung Merapi ini pun banyak beredar di media sosial. 

Salah satunya melalui akun resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), @BPPTKG, dan beberapa akun Twitter warga yang tinggal di sekitar Gunung Merapi.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.