Sukses

Kerusuhan Mako Brimob Jadi Sorotan Warganet

Tercatat, ada enam korban jiwa meninggal akibat bentrok antara narapidana dengan polisi di Mako Brimob.

Liputan6.com, Jakarta - Kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, pada Selasa (8/5/2018) pukul 19.30 WIB, menjatuhkan sejumlah korban jiwa.

Tercatat, ada enam korban jiwa meninggal akibat bentrok antara narapidana dengan polisi di Mako Brimob. Lima di antaranya polisi, dan satu merupakan narapidana kasus teroris.

Peristiwa ini sontak menjadi sorotan warganet di media sosial. Pantauan Tekno Liputan6.com, hingga berita ini naik, Mako Brimob menjadi trending topic di Twitter. Sebanyak lebih dari 21 ribu cuitan meramaikan lini masa.

Untuk lebih lengkap, simak cuitan warganet seputar Mako Brimob berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awal Perkara Kerusuhan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, awalnya usai salat Magrib ada salah seorang napi yang menanyakan titipan makanan dari keluarganya ke petugas.

"Salah satu dari anggota tadi menyampaikan bahwa titipan makanan dipegang oleh anggota lain," tutur Argo dalam keterangannya, Rabu (9/5/2018).

Mendengar alasan itu, napi tersebut tidak terima. Dia kemudian mengajak rekan-rekannya dari Blok C dan B untuk berbuat kerusuhan.

"Lalu napi membobol pintu dan dinding sel, kemudian tidak terkontrol lagi," jelas dia.

Petugas yang ada di lokasi kerusuhan pun jadi bulan-bulanan. Mereka adu fisik dan mengalami cedera luka di sejumlah bagian tubuh.

"Korban luka Iptu Sulastri, Brigadir Haris, Briptu Hadi Nata, dan Bripda Rahmadan," Argo menandaskan.

3 dari 3 halaman

Dipasang Kawat Berduri

Akibat kerusuhan, hingga Rabu pagi (9/5/2018), jalan menuju Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, ditutup aparat kepolisian.

Bahkan blokade yang dilakukan bertambah jauh dari hanya 600 meter dari Mako Brimob, kini penutupan jalan dilakukan di depan kampus Gunadarma. Oleh aparat kepolisian, kendaraan dialihkan menuju jalur alternatif.

Dengan pengalihan arus lalu lintas, ruas jalan di depan gerbang utama Mako Brimob tampak steril. Sejumlah aparat brimob disiagakan di sejumlah lokasi. Bahkan, kawat berduri terpasang di gerbang masuk dan kendaraan taktis lapis baja disiagakan.

Pengamanan jalan menuju Mako Brimob telah dilakukan sejak Selasa malam, terkait informasi keributan tahanan di Rutan Mako Brimob dengan sejumlah petugas.

Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol M Iqbal, meminta masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terhasut dengan informasi yang beredar di media sosial. Akibat insiden tersebut, sejumlah petugas terluka.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.