Sukses

Berusia 20 Tahun, Yuk Napak Tilas Popularitas iMac

Liputan6.com, Jakarta - 20 tahun lalu, tepatnya pada 6 Mei 1998, Steve Jobs untuk pertama kalinya memperkenalkan Bondi Blue iMac dan mengubah sejarah Apple untuk selamanya.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari BGR, Selasa (8/5/2018), kini Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi dengan penghasilan paling banyak. Tapi siapa sangka kalau pada 1998 Apple sempat mengalami kesulitan keuangan.

Pada akhir 1990an, Apple sedang berada di ambang kebangkrutan lantaran lini produk Mac. Pasalnya perangkat komputer tersebut dianggap kemahalan, kesulitan dalam pengiriman, dan tidak populer.

Kemudian, pada akhir 1996, Apple mengakuisisi NeXT, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs setelah dirinya ditendang dari Apple.

Setelah akuisisi, Jobs terlibat lagi di Apple, tapi hanya sebagai penasihat. Pada Juli 1997, CEO Gil Amelio mengundurkan diri dan Jobs menjabat sebagai CEO.

Dengan kepemimpinan Jobs, Apple berada di bawah tekanan untuk menghasilkan produk komputer yang diterima pasar. Apalagi, saat itu Windows mengusai market share sebesar 95 persen.

Tak lama kemudian, Jobs bersama desainer muda Jony Ive menghadirkan produk komputer dengan desain sepenuhnya baru. Saat itu muncullah PC bernama Bondi Blue iMac yang dijual US$ 1.299 atau setara Rp 18,2 jutaan dengan kurs saat ini.

2 dari 3 halaman

iMac Pertama

iMac pertama hadir dengan desain all-in-one berwarna biru transparan. Tentunya desain tersebut jadi hal yang sangat baru dibandingkan dengan PC lainnya di masa itu.

iMac juga hadir mengusung fitur baru, misalnya port USB yang pertama kali hadir di sebuah komputer. Pada iMac, tidak disematkan drive floppy disk, dan hal itu dianggap sebagai keputusan penuh kontroversi.

Tidak hanya itu, iMac menjadi produk pertama Apple yang menggunakan huruf "i", dilanjutkan dengan beragam produk seperti iPhone, iPad, dan iMac modern.

 

3 dari 3 halaman

Cuitan Bos Apple Peringati iMac

Memperingati 20 tahun kehadiran iMac, CEO Apple, Tim Cook pun mengunggah cuitan.

"20 tahun lalu, hari ini Steve (Jobs) memperkenalkan iMac kepada dunia. iMac mengubah cara pandang orang terhadap komputer," cuit Cook.

Kehadiran iMac pertama yang berwarna biru tampaknya begitu menarik perhatian banyak orang. Pada saat itu juga, Apple merilis beberapa varian warna berbeda untuk iMac, antara lain ungu, merah, hijau, dan kuning.

Hadirnya iMac pun mengawali kesuksesan produk-produk Apple lainnya, mulai dari iPhone hingga iPad. Bahkan, keduanya dianggap tidak akan sukses tanpa Bondi Blue iMac.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung Sontek Teknologi Kamera Baru iPhone untuk Galaxy S11?
Artikel Selanjutnya
Usai Umumkan Perangkat Baru, Apple Pangkas Harga iPad Pro 1TB