Sukses

XL Axiata Pede Hadapi Trafik Tinggi Saat Mudik dan Liburan 2018

XL Axiata mengklaim layanannya siap menghadapi tantangan trafik data tinggi saat mudik dan liburan.

Liputan6.com, Pulau Bintan - Operator telekomunikasi, termasuk PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) membenahi dan memperkuat layanannya menjelang periode trafik data tinggi saat mudik dan liburan. XL Axiata mengklaim layanannya akan menjadi lebih luas, cepat dan nyaman.

Optimisme ini muncul karena XL Axiata mengklaim telah dan akan melakukan serangkaian langkah untuk memperkuat layanannya.

Diungkap Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, jaringan 3G dan 4G XL Axiata kini semakin luas hingga kecamatan-kecamatan tujuan mudik dan liburan. Perusahaan sendiri saat ini sudah memiliki lebih dari 105 ribu Base Transceiver Station (BTS) dan 45 ribu fiber optic.

XL Axiata juga mengklaim jaringannya lebih cepat, salah satunya disebabkan adanya upgrade teknologi. Menurut Yessie, XL Axiata juga tengah melakukan upgrade di sistem inti untuk masuk ke ranah virtualisasi.

“Kami juga akan terus berinvestasi di spektrum lebar agar pengalaman pengguna menjadi lebih bagus,” tutur Yessie dalam acara XL Axiata Media Gathering 2018 di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis malam (26/4/2018).

Segala investasi yang dilakukan untuk memperkuat layanannya, terutama jaringan telekomunikasi untuk data, dinilai akan dapat memikat hati konsumen.

"Saat pelanggan liburan atau mudik, mereka akan menggunakan banyak aplikasi dan membutuhkan akses data. Mereka menginginkan jaringan kami sesuai dengan aplikasi mereka, dan kami pastikan jaringan kami bisa untuk aplikasi itu,” ungkap Yessie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Internet Jadi Kebutuhan Primer Saat Mudik dan Lebaran

Ilustrasi BTS XL (Foto: Dokumentasi XL)

Lebih lanjut, dijelaskan Head of Customer Experience Management XL Axiata, Ahmad Hamzah, perilaku konsumen selama mudik dan lebaran tidak bisa dipisahkan dari internet.

Berdasarkan data XL Axiata, penyebab peningkatan trafik data adalah kehadiran layanan hiburan, seperti streaming, menonton video dan mendengarkan lagi. Media sosial, seperti Facebook, Instagram dan Twitter, juga memainkan peran penting.

Selama mudik dan lebaran sendiri, terjadi perubahan perilaku dari yang awalnya “tradisional” ke layanan internet. Misalnya, perubahan dari panggilan telepon ke VoIP dan video call, SMS ke aplikasi pesan singkat. Selain itu, pencarian lokasi di peta kini menjadi bergantung pada aplikasi mobile, seperti Waze dan Google Maps.

“Perilaku konsumen saat mudik dan lebaran kini mengalami perubahan disebabkan peningkatan layanan data. Secara keseluruhan, layanan VoIP sendiri kini naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu,” tuturnya.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.