Sukses

Tips Bangun Startup yang Diidamkan Pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Membangun startup memang susah-susah gampang. Kamu perlu menyiapkan segala hal agar setiap tantangan yang dihadapi bisa ditangkal dengan mudah.

Startup tak hanya menawarkan keunggulan semata, tapi juga kenyamanan para pengguna atau users. Lalu, bagaimana sih caranya agar produk startup yang kamu bangun bisa langsung dicintai pengguna?

Tak kenal maka tak sayang. Begitu pendapat Larissa Rena, Studio Lead dari Somia Customer Experience yang juga salah satu pemateri di The Nextdev Academy 2018.

Larissa menegaskan, salah satu hal yang harus dilakukan agar users mencintai startup kita adalah mengenal. Ya, mengenal dan mencintai users.

"Kita harus mengerti mereka, maunya kayak gimana. Nah itu dari situ dimulai pemahaman kita ke users lalu cocokkan dengan kebutuhan mereka," kata Larissa.

Kebutuhan yang dimaksud, lanjut Larissa dapat dilihat dari kebutuhan secara bisnis atau dari teknologi startup yang bisa disediakan untuk users.

"Dari situlah pelaku startup (bidang UX) dapat mencari solusi dan memperkirakan desain ideal yang seperti apa. Lalu lakukan tes ke users, perbaiki lagi kalau memang perlu perbaikan, literasi, sampai ketemu produk apa yang disukai users," jelas Larissa lagi.

 

2 dari 2 halaman

Lakukan Sejumlah Riset

Tentunya untuk 'mencari perhatian' users perlu dilakukan sejumlah riset oleh pelaku startup. Nah terkait produk yang disukai users adalah materi yang disampaikan Larissa dan rekannya dari Somia Customer Experience, Akhmad Reiza Rahmadi sebagai Interaction Designer, pada Rabu 18 April 2018.

Baik Reiza atau Larissa menyampaikan pendapatnya bahwa materi tersebut di The Nextdev Academy 2018 penting disampaikan agar para pelaku startup bisa lebih kritis lagi.

"Intinya supaya mereka lebih kritis terhadap produk mereka. Ketika sudah ada produk yang diciptakan, jangan langsung puas. Jadi harus selalu krtitis untuk mencari tahu dan mengakui bahwa kita enggak selalu tahu semua hal," jelas Larissa.

Nah soal kegiatan The Nextdev besutan Telkomsel ini, para pemateri dari Somia menyampaikan apresiasinya.

"Dari acara ini bisa terus mendukung teman-teman yang punya ide baru dan making work. The NextDev 2018 adalah tempat yang tepat untuk coming out with your ideas. Semoga sukses untuk ke depannya," harap Larissa.

Reporter: Stella Maris

Sumber: Merdeka.com 

Artikel Selanjutnya
Mister Aladin Targetkan Peningkatan Inventory Hotel 200 Persen
Artikel Selanjutnya
Modalku Kantongi Dana Rp 350 Miliar dari Softbank