Sukses

Bahaya, Orang Lain Bisa Sadap WhatsApp Kamu dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan singkat populer, termasuk di Indonesia.

Kendati demikian, pengguna harus tetap berhati-hati saat menggunakannya, karena kemungkinan ada peluang pelanggaran privasi.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Kamis (19/4/2018), ada sejumlah aplikasi mobile di Play Store dan App Store yang mengklaim bisa melacak aktivitas pengguna WhatsApp, hingga mengkloning akun.

Dengan memakai aplikasi tersebut orang lain dapat menyadap perbincangan kamu di WhatsApp dengan mudah. 

Aplikasi-aplikasi itu antara lain Spy Whats Chat, Cloneapp Messenger 2018, dan Netwa-spy for Whatsapp.

Untuk aplikasi Cloneapp Messenger 2018, beberapa pengguna yang menulis review di laman Play Store, mengaku berhasil menyadap percakapan orang lain di WhatsApp.

Namun, ada juga yang mengaku akun yang mereka sadap mendapatkan notifikasi.

Sebagai catatan, semua aplikasi tersebut tidak ada hubungan dengan layanan asli WhatsApp. Artinya, semuanya merupakan aplikasi pihak ketiga yang keamanannya tidak terjamin.

Aplikasi "mata-mata" semacam ini mudah ditemui di toko aplikasi. Sebelumnya, sebuah aplikasi iOS bernama ChatWatch menjadi perbicangan karena fungsinya yang bisa digunakan untuk memata-matai berbagai aktivitas pengguna di WhatsApp.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apple Hapus ChatWatch

ChatWatch memanfaatkan status online dan offline di WhatsApp untuk mengetahui aktivitas pengguna. Berdasarkan keterangan pada aplikasi tersebut, layanan ini mengklaim membantu orang-orang untuk mengetahui aktivitas "pacar, keluarga dan karyawan", meski fungsi "last seen" telah disembunyikan.

Pengguna yang tertarik, harus membayar US$ 2 setiap pekan untuk memantau dua nomor telepon, kemudian aplikasi tersebut akan memberikan pemberitahuan ketika orang yang dipantau sedang online atau offline.

Pengguna juga bisa membayar lebih, jika ingin mengintai 10 orang secara bersamaan.

ChatWatch saat ini sudah tidak lagi bisa ditemukan di App Store milik Apple. Pihak ChatWatch mengaku tidak mengetahui alasan Apple menghapus aplikasi tersebut.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.