Sukses

Google Bakal Blokir Panggilan Spam secara Otomatis

Liputan6.com, Jakarta - Sering mendapat telepon spam yang bikin kesal? Aplikasi Google yang telah menerima pembaruan pada Februari lalu menambahkan kontrol untuk panggilan cepat.

Dalam beberapa minggu mendatang, dialer default pada perangkat Pixel, Nexus, dan Android One bakal menambahkan filter untuk panggilan spam yang mengesalkan.

Sebelumnya, pada 2016, aplikasi Google mulai memberitahukan ke pengguna jika ada panggilan yang dinilai sebagai spam.

Pemberitahuan yang dimaksud bisa berupa tanda di bawah nomor telepon yang menginformasikan panggilan tersebut sebagai spam  alert.

Mengutip informasi dari 9to5Google, Senin (16/4/2018), fitur pemfilteran spam yang akan datang bakal lebih baik dibandingkan sebelumnya dan dinilai tidak akan mengganggu si pengguna.

Nantinya, ketika panggil panggilan spam terdeteksi, informasi akan dikirim langsung ke voicemail.

Oleh karena itu, telepon tidak akan berdering dan pengguna tidak akan terganggu. Pengguna tidak akan menerima panggilan tak terjawab atau pemberitahuan pesan suara. Namun, panggilan yang difilter akan tetap muncul dalam riwayat panggilan.

2 dari 3 halaman

Dirilis Beberapa Minggu Lagi

Rencananya, fitur ini akan hadir ke pengguna di seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang. Namun, Google kemungkinan akan melakukan uji coba fitur tersebut ke sejumlah pengguna sebelum dirilis ke publik.

Google memperingatkan bahwa fitur ini masih dalam pengembangan sehingga kemungkinan tidak stabil dan memiliki beberapa masalah.

Pengguna yang mendapatkan kesempatan menjajal fitur ini juga punya kesempatan mengirimkan feedback selama pengujian berlangsung.

3 dari 3 halaman

Aplikasi untuk Blokir Spam

1. Truecaller - Caller ID & Dialer

Aplikasi Truecaller, kamu bisa mengetahui siapa yang menghubungi dan memblokir telepon dan SMS masuk yang tak diinginkan, termasuk panggilan dan SMS dari telemarketing.

Dengan demikian, panggilan masuk dari telemarketer dan panggilan mengganggu lainnya yang dilaporkan sebagai spam akan otomatis diblokir.

Kamu juga bisa melaporkan nomor telepon yang kamu anggap sebagai spam, misalnya nomor stalker. Tidak hanya itu, dengan aplikasi Trucaller, kamu juga bisa mengetahui kapan teman kamu bisa dihubungi.

2. Calls Blacklist - Call Blocker

Seperti Truecaller, aplikasi Call Blacklist - Call Blocker bertugas memblokir panggilan dan SMS masuk yang tak diinginkan. Mereka yang menghubungi kamu dengan private number juga bisa langsung diblokir oleh aplikasi ini.

Ada beberapa fitur utama dalam aplikasi ini, misalnya memblokir sekumpulan nomor dengan angka depan tertentu, memblokir SMS dari nomor-nomor alfanumerik, hingga memblokir seluruh nomor telepon.

Menariknya, kamu juga bisa membuat daftar nomor-nomor yang tidak ingin diblokir sehingga telepon dan SMS dari nomor-nomor tersebut tetap masuk.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Masuk Daftar 100 Kota Berbahaya di Dunia, Jakarta Masih Lebih Aman dari Kuala Lumpur
Artikel Selanjutnya
LRT Jakarta Targetkan Angkut 14 Ribu Penumpang Setiap Hari