Sukses

Duh, Ada Konten Tak Senonoh untuk Anak-Anak di YouTube Kids

YouTube Kids alias layanan YouTube khusus anak-anak rupanya masih menyisakan konten-konten tak pantas bagi anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan digital khusus untuk anak-anak seharusnya aman dan hanya menghadirkan konten-konten yang cocok untuk anak. Kendati begitu, YouTube Kids masih menyisakan konten-konten tak pantas bagi anak.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (28/3/2018), YouTube Kids menampilkan video-video tak pantas, hingga video konspirasi yang jelas-jelas merupakan konten tak pantas bagi anak-anak.

YouTube mengklaim telah melakukan sesuatu untuk menangani hal tersebut. Sayangnya, apapun yang dilakukan platform berbagi video itu tidaklah cukup.

Dalam laporan Wired, video-video tak pantas itu masih ada di YouTube Kids, meskipun perusahaan mengaku telah menerapkan filter untuk video anak-anak.

Wired dalam laporannya menyebut contoh konten tak pantas di YouTube Kids. Konten ini adalah salah satu karakter favorit anak-anak tetapi dibalut dalam video yang tidak cocok untuk usia anak.

Misalnya tokoh Peppa Pig yang ditipu untuk makan daging babi, ada juga karakter kartun yang yang diumbar seksualisasinya.

Selain itu, ada upaya penggambaran bunuh diri, serta video-video yang menunjukkan hal tak pantas bagi anak-anak, seperti aborsi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan YouTube

Terkait hal ini, YouTube pun memberikan pernyataan. "Kami telah melakukan serangkaian tindakan untuk melindungi keluarga dengan lebih baik lagi di YouTube, termasuk menurunkan konten dengan lebih cepat melalui teknologi," kata YouTube.

Selain itu, layanan milik Google ini juga menyebut telah mempekerjakan lebih banyak orang untuk menangani konten-konten yang dianggap melanggar aturan. YouTube juga menyebut telah memotong aliran pendapatan ke konten-koten yang dianggap menyesatkan keluarga.

"Tim YouTube terdiri dari orangtua yang berkomitmen meningkatkan produk kami dan menghadirkan layanan yang tepat," kata YouTube.

3 dari 3 halaman

Teori Konspirasi Susupi YouTube Kids

Belum lama ini sejumlah teori konspirasi berhasil menyusup ke YouTube Kids, sehingga dikhawatirkan dapat "meracuni" pikiran anak-anak.

Teori konspirasi di YouTube Kids tersebut ditemukan oleh Business Insider. Berdasarkan penemuan itu, ada banyak video teori konspirasi mulai dari bumi datar, pendaratan di bulan tidak pernah terjadi, hingga planet diperintah oleh manusia reptil hybrid.

Dilansir Business Insider, video konspirasi muncul dalam beberapa kategori tertentu. Ketika pengguna melakukan pencarian untuk "UFO" di YouTube Kids, sebagian besar yang muncul adalah video mainan yang aman ditonton oleh anak-anak. Namun, satu video di peringkat atas hasil pencarian memperlihatkan UFO meninggalkan jejak chemtrails.

Selain itu, juga ada beberapa video lain dari ahli teori konspirasi terkenal, David Icke. Salah satunya merupakan video saat Icke memberikan kuliah umum dengan klaim alien membangun priamida, planet diperintah oleh manusia reptil hybrid, hingga Pemerintah Amerika Serikat (AS) merencanakan pembunuhan Presiden John F. Kennedy.

Dua dari sejumlah video konspirasi Icke tampil di bagian video terkait. Itu artinya, anak-anak sangat mudah mengakses video konspirasi tersebut saat menonton video tentang mainan, tanpa harus mengetik kata kunci tertentu.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.