Sukses

Huawei P20 Bakal Meluncur dengan Android Oreo 8.1

Menurut laporan, flagship smartphone teranyar Huawei ini akan meluncur dengan OS Android Oreo 8.1.

Liputan6.com, Jakarta - Flagship smartphone terbaru Huawei P20, diyakini akan hadir dengan sistem operasi (OS) Android. Kini menurut sebuah laporan, versi Android yang akan disematkan pada smartphone tersebut adalah Android Oreo versi 8.1.

Dilansir GSM Arena, Selasa (20/3/2018), versi OS Android ini berasal dari bocoran informasi situs platform benchmark, Geekbench. Selain itu, juga ada sejumlah informasi lain terkait spesifikasi Huawei P20 di Geekbench.

Berdasakan informasi di Geekbench, Huawei P20 memiliki nama kode Emily atau EML-L29 dan disokong chipset Kirin 970. RAM dengan kapasitas 4GB juga akan turut melengkapi smartphone tersebut.

Dalam laporan terpisah, semua seri Huawei P20 disebut memiliki kamera utama dengan teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence). Huawei P20 dan P20 Lite dilaporkan memiliki dual kamera, sedangkan P20 Pro dengan tiga kamera utama.

Seri Huawei P20 akan diumumkan di Paris, Prancis, pada 27 Maret 2018. Seri flagship ini akan bersaing dengan produk kompetitor lain yang lebih dahulu diumumkan seperti Samsung Galaxy S9 dan Sony Xperia XZ2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bocoran Gambar Huawei P20 Kembali Beredar

Bocoran informasi tentang Huawei P20 telah banyak beredar di internet. Salah satunya akun pembocor populer di Twitter, Evan Blass, mengunggah sejumlah gambar yang diklaim sebagai seri P20.

Berdasarkan gambar tersebut, desain bagian depan ketiga smartphone tersebut terlihat mirip. Perbedaan utama dari sisi desain adalah Huawei P20 Pro memiliki tiga kamera belakang, sedangkan yang lain hanya dua.

Kamera belakang pada ketiga smartphone disusun secara vertikal di sisi kiri bodi. Letak kameranya mirip seperti yang dimiliki iPhone X.

Bocoran gambar dari Blass ini cukup menarik perhatian. Bukan hanya karena kemunculannya dekat dengan waktu peluncuran, tapi juga rekam jejak Blass yang selama ini disebut memiliki sumber terpercaya.

Kendati demikian, pihak Huawei belum memberikan bocoran desain smartphone terbarunya itu.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Huawei P20 Lite

Huawei boleh jadi masih bungkam soal desain dan spesifikasi P20, tapi bocorannya sudah banyak beredar di internet. Selain itu, badan regulasi telekomunikasi Tiongkok, TENAA, dilaporkan sudah memberikan "restunya" untuk smartphone tersebut.

Adapun spesifikasi Huawei P20 Lite antara lain layar berukuran 5,84 inci (1.080 x 2.280 piksel) dengan rasio aspek 19:9, kamera belakang 16 + 2MP, kamera depan 24MP dan RAM 4GB. Selain itu juga terdapat memori internal 64GB, baterai 2.900mAh dan OS Android 8.0 dengan EMUI 8.0.

Harga jualnya di wilayah Eropa diperkirakan 369 euro atau berkisar Rp 6,2 juta untuk P20 Lite, 679 euro (Rp 11,4 juta) P20 dan 899 euro (Rp 15 jutaan) untuk P20 Pro. Huawei P20 Lite akan hadir dengan chipset Kirin kelas menengah, sedangkan dua yang lain dengan chipset flagship Kirin 970.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.