Sukses

Wajib Tahu, Ini Perbedaan cc dan bcc di Email

Liputan6.com, Jakarta - Electronic mail atau email adalah layanan surat elektronik yang memudahkan kamu untuk saling berkirim surat atau pesan secara daring. Tentunya kamu sendiri sering menggunakan email, baik dari Gmail maupun Yahoo Mail.

Jika demikian, pastinya kamu tidak asing lagi dengan kolom cc atau bcc yang ada di samping atau di bawah kolom "to" (kepada). Apakah selama ini kamu sering menggunakan cc atau bcc? Lalu apa perbedaan antara cc dan bcc?

Perbedaan di antara keduanya sangat signifikan. Cc merupakan kepanjangan dari carbon copy. Jika menggunakan kolom cc, maka kamu dapat mengirimkan email ke penerima lain. Dalam hal ini, tembusan dan si penerima email utama yang alamatnya diletakkan di kolom "to" dapat mengetahui kepada siapa email tersebut diteruskan.

Lain halnya dengan bcc yang merupakan kepanjangan dari blind carbon copy. Bcc dapat digunakan untuk mengirimkan email tembusan sama halnya dengan cc.

Namun bedanya, jika menggunakan cc orang penerima utama yang tertulis di "to" akan mengetahui kepada siapa saja email ditembuskan, sedangkan jika menggunakan bcc, maka penerima di kolom "to" tidak akan mengetahui kepada siapa saja email tersebut dikirimkan atau ditembuskan.

Perbedaan ini tentunya menjadi hal yang sangat mendasar untuk diketahui. Bagaimana, apa kamu sudah paham cara menggunakan cc dan bcc di email? Jangan sampai salah lagi ya.

1 dari 3 halaman

Cara Tersembunyi Hapus Email di Aplikasi Gmail

Di sisi lain, berikut adalah tips menghapus dan mengarsipkan email di aplikasi Gmail dengan cepat di smartphone iOS dan Android.

Android

Secara default, metode swipe diatur agar pengguna mengarsipkan email di aplikasi Gmail. Untuk mengubahnya, kamu bisa buka aplikasi Gmail dan pilih menu (sudut kiri atas).

Hapus email di aplikasi Gmail. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Setelah itu, gulir layar ke atas untuk menemukan Settings dan pilih General settings. Di sini, pilih opsi Gmail default action dan pilih Delete. Kini, setiap kali kamu men-swipe email ke kiri atau ke kanan akan dihapus ketimbang diarsipkan.

 

2 dari 3 halaman

iOS

Jika kamu menggunakan iPhone atau iPad, buka aplikasi Gmail dan tap ikon menu di pojok kiri atas, lalu pilih Settings dan pilih alamat email yang kamu gunakan.

Setelah itu, tap When removing messages, I prefer to... dan pilih Move to trash untuk mengubah aksi swipe dari archive menjadi delete.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

Reporter: Brilio.net

Sumber: Brilio.net

(Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Gara-Gara Bobol Email Suami, Wanita Swiss Didenda Rp 21 Juta