Sukses

Catat, Ini Pertolongan Pertama Saat Smartphone Terkena Air

Liputan6.com, Jakarta - Meski saat ini sudah ada smartphone yang dibekali sertifikat anti-air, jumlahnya masih belum terlalu banyak dan hanya ada di perangkat kelas high-end. Karenanya, air masih menjadi musuh utama dari pengguna perangkat pintar.

Beragam cara pun dilakukan pengguna agar memastikan smartphone-nya tak terkena air. Namun, terkadang upaya tersebut tak selalu berhasil, ada kalanya perangkat kita dapat terkena air atau terjatuh dalam genangan air.

Saat hal itu terjadi, tak jarang pengguna hanya bisa pasrah. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa cara untuk menyelamatkan smartphone yang terkena air.

Pertolongan pertama pada smartphone yang terkena air pun sebenarnya tak terlalu rumit. Bagi kamu yang penasaran, dapat melihatnya caranya berikut ini.

1. Segera Matikan

Saat terkena air, hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan smartphone. Dengan cara ini, kamu dapat mengurangi risiko kerusakan.

1 dari 3 halaman

2. Lepas Casing, Kartu SIM dan Kartu Memori

Langkah selanjutnya adalah melepas casing, jika perangkatmu memakai pelindung. Tak lupa, lepas kartu SIM termasuk kartu memori yang masih berada di dalam smartphone.

3. Coba Lepas Baterai

Jika smartphone-mu memiliki baterai yang dapat di lepas, segera lepas dari perangkat. Namun, kamu perlu membaca keterangan di baterai untuk memastikan baterai tersebut dapat dilepas secara aman.

4. Keringkan dengan Lap Halus

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengeringkan smartphone dengan menggunakan lap berbahan halus. Kamu dapat memanfaatkan tisu atau lap lain sejenis.

2 dari 3 halaman

5. Manfaatkan Pengering

Kamu juga dapat memanfaatkan hair dryer atau mini vacuum untuk membantu mengeringkan smartphone. Namun, lakukan secara hati-hati agar tak merusak komponen dalam perangkat.

6. Rendam dalam Beras

Proses selanjutnya adalah merendam smartphone dalam beras. Selain mudah ditemukan, beras juga dikenal bagus untuk menyerap kelembapan udara dan mengeluarkan kandungan air di smartphone.

Hanya saja, pastikan beras yang digunakan memilliki kemampuan menyerap air yang baik. Bukan beras biasa yang kamu temukan di toko-toko kelontong biasa.

7. Tunggu Beberapa Hari

Tahap pengeringan di beras membutuhkan waktu setidaknya dua hari. Lalu, kamu dapat memasang kembali baterai, menyalakan smartphone, dan coba diisi daya.

(Dam/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Cara Singkat Dongkrak Bisnis Online agar Makin Eksis
Artikel Selanjutnya
Sharp Bakal Rilis 2 Smartphone untuk Milenial Bulan Depan