Sukses

Ups, 3 Aplikasi Ini Ternyata Bikin Baterai Smartphone Boros

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu faktor utama yang membuat penggunaan smartphone menjadi menyenangkan adalah aplikasi. Piranti lunak ini menjadi sesuatu yang wajib ada di setiap smartphone, baik itu iOS, Android atau OS lainnya.

Semakin hari, jumlah aplikasi terus bertambah. Di sisi lain, ternyata kinerja aplikasi turut memengaruhi smartphone itu sendiri. Salah satunya, ternyata aplikasi bisa membuat daya baterai cepat terkuras.

Nah, ada beberapa aplikasi yang banyak digunakan, tapi tanpa disadari membuat baterai smartphone lebih boros. Berikut tiga aplikasi yang bisa membuat baterai smartphone kalian cepat terkuras:

1. Instagram

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)Instagram merupakan aplikasi media sosial yang memiliki banyak pengguna. Layanan milik Facebook ini menampilkan fitur untuk membagikan kegiatan kalian melalui foto dan video.

Aplikasi ini memiliki timeline yang selalu aktif, sehingga akan membuat baterai smartphone menjadi boros. Jika ingin lebih hemat baterai, kalian dapat menggunakan Instagram versi situs web.

1 dari 3 halaman

Aplikasi Bikin Baterai Smartphone Boros (II)

2. Facebook

Seorang pengguna smartphone memperlihatkan aplikasi Facebook pada ponselnya (Foto: Reuters/Dado Ruvic)

Sama seperti Instagram, Facebook juag merupakan aplikasi media sosial yang memiliki banyak penggemar. Notifikasi yang masuk akan membuat baterai smarthone menjadi lebih boros.

Selain itu, ketika ada orang yang mengunggah konten di News Feed, maka aplikasi Facebook akan tetap berjalan. Alhasil, hal ini membuat kuota kalian akan terus terkuras dan juga bisa membuat baterai menjadi boros.

 

2 dari 3 halaman

Aplikasi Bikin Baterai Smartphone Boros (III)

3. Google Maps

Logo Google MapsGoogle Maps memang sangat berguna untuk membantu menentukan arah jalan. Di sisi lain, performa layanan peta milik Google ini justru juga menjadi salah satu faktor yang membuat baterai boros.

Di samping kegunaannya, aplikasi ini dapat membuat baterai cepat habis karena menggunakan sinyal GPS online. Untuk mengatasinya, jika kalian sedang tidak memakan Google Maps, sebaiknya matikan sinyal GPS agar baterai lebih hemat.

(Din/Jek)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Isi Daya Baterai Smartphone
Artikel Selanjutnya
Yuk, Nostalgia dengan Foto Instagram Stories Lawas