Sukses

Pemilik iPhone Terancam Tak Bisa Main Pokemon Go, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Bulan November 2017, Niantic Labs, secara resmi mengumumkan Pokemon Go tak bisa dimainkan lagi oleh jutaan pengguna perangkat Apple dengan sistem operasi iOS 8.

Selang dua bulan, perusahaan kembali mengumumkan kabar kurang sedap bagi gamer setia Pokemon Go yang menggunakan perangkat iOS, seperti iPad dan iPhone.

Dikutip dari laman resminya, Jumat (12/1/2018), Niantic Labs mengonfirmasi gim Pokemon Go tidak akan bisa dimainkan pada perangkat yang tak bisa upgrade ke iOS 11.

"Perangkat Apple, seperti iPhone 5, iPhone 5C, dan iPad 4 dipastikan bakal tidak bisa main gim Pokemon Go. Perubahan ini akan mulai efektif pada pembaruan software yang diluncurkan 28 Februari 2018," tulis Niantic Labs.

Lalu apa pengaruhnya terhadap gamer yang main Pokemon Go di perangkat Apple yang tidak mendukung iOS 11 ini?

Dalam pernyataan resminya, bagi pemain Pokemon Go yang masih memainkan gim di perangkat Apple tersebut dipastikan tidak bisa mengakses gim, menggunakan PokeCoins dan item yang ada di dalam gim.

1 dari 3 halaman

Alasan Niantic Labs Putuskan Tak Lagi Dukung iOS Lawas

Niantic Labs memutuskan untuk mengakhiri dukungan gim perangkat iOS lawas dikarenakan, perusahaan ingin memberikan pengalaman bermain gim Pokemon Go terbaik.

"Seiring dengan pengembangan gim yang terjadi secara berkala, hal yang wajar bilamana OS lawas tidak mampu mendukung berbagai macam fitur baru yang pengembang hadirkan disetiap kali pembaruan diluncurkan," kata Niantic Labs.

Tentunya, kabar dari Niantic Labs ini cukup mengecewakan bagi pemain setia Pokemon Go yang masih pakai perangkat Apple dengan iOS lawas. Ini berarti mereka 'diminta' untuk mengganti perangkat yang mereka gunakan sekarang.

 

2 dari 3 halaman

Pokemon Go Kian Tampil Nyata Pakai AR+ Milik Apple

Seperti dikutip dari Phone Arena, Minggu (24/12/2017), Niantic kali ini mendukung platform AR yang dimiliki Apple. Teknologi bernama AR+ yang memanfaatkan kemampuan ARKit framework milik perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut.

Jadi, melalui pembaruan ini, pengguna perangkat yang sudah menjalankan iOS 11, seperti iPhone 6s dan model terbaru, dapat merasakan pengalaman AR+ di Pokemon Go. Berkat dukungan AR+, pengalaman bermain gim ini pun kian nyata.

Salah satunya adalah pemain dapat berjalan lebih dekat ke Pokemon seperti benar-benar melihatnya di dunia nyata. Namun perlu diingat, Pokemon akan kabur jika pemain terlalu dekat dengannya. Karena itu, pemain harus lebih berhati-hati.

Untuk membantu pemain, Niantic kini menampilkan awareness meter yang di sebelah Pokemon. Sesuai namanya, penunjuk itu memperlihatkan tingkat kesadaran monster terhadap keberadaan pemain.

Apabila awareness meter terisi penuh, berarti Pokemon menyadari keberadaan pemain dan dapat melarikan diri. Niantic juga menghadirkan bonus tambahan, seperti Stardust atau XP, bagi pemain yang mampu menangkap Pokemon dengan posisi paling dekat.

(Ys/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Live Streaming XYZ Day 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Apple Sentil Toko Google lewat Iklan, Tetangga Kok Gitu?
Artikel Selanjutnya
Bos Apple: iOS dan macOS Tak Akan Dilebur