Sukses

5 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Komputer Diserang Virus dan Malware

Liputan6.com, Jakarta - Seperti tubuh yang sedang diserang penyakit, komputer juga punya sejumlah gejala saat sedang diserang virus atau malware.

Apa saja tanda saat komputer diserang virus? Berikut adalah 5 hal yang menandai komputer terserang virus sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Make Use Of, Kamis (14/12/2017).

1. Antivirus Tak Aktif

Saat seorang pencuri ingin membobol rumah kamu, salah satu cara yang bisa dilakukan tanpa ketahuan adalah menonaktifkan alarm rumah kamu. Hal yang sama berlaku saat virus hendak menyerang komputer atau laptop kamu.

Beberapa jenis virus atau malware dapat menonaktifkan antivirus yang kamu pasang di komputer. Dengan demikian, malware tersebut dapat masuk bebas ke komputer.

Untuk itu sebaiknya, kamu harus segera bertindak saat antivirus tak bisa diperbarui atau tak aktif. Mungkin saja ada virus atau malware yang menyusup ke perangkat laptop atau komputer.

Ilustrasi: Antivirus

2. Kinerja Komputer atau Laptop Lemot

Ada banyak alasan kinerja laptop kamu jadi lemot, salah satunya adalah ulah virus atau malware. Kinerja komputer lemot biasanya karena malware atau virus tersebut menjalankan aplikasi atau layanan di background tanpa sepengetahuan kamu.

Ilustrasi: Kinerja Komputer Lemot

2 dari 3 halaman

File Terkunci

3. File Kamu Menghilang atau Terkunci

Ilustrasi Ransomware WannaCrypt atau yang disebut juga Wannacry (iStockphoto)

Beberapa tahun terakhir, tren kejahatan siber yang marak terjadi adalah serangan ransomware. Cara kerja ransomware adalah mengunci file atau data di perangkat korban kemudian meminta tebusan jika data itu ingin bisa dibuka kembali.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk antisipasi adalah mem-backup file penting secara berkala serta tidak perlu membayar tebusan yang diminta hacker.

4. Sulit Terhubung ke Internet

Ilustrasi internet lemot. (Foto: Endless Flix)

Jaringan internet lambat tentu hal yang biasa. Namun lain halnya kalau ini terjadi tiba-tiba, bisa saja ini adalah gejala perangkat terinfeksi virus atau malware.

Meski terdengar aneh, beberapa jenis malware sering mengubah pengaturan jaringan untuk menambahkan proxy dan memblokir akses ke internet. Hal ini dilakukan untuk menghindari upaya pemilik perangkat mengunduh antivirus.

Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan mengunduh perangkat anti-malware seperti Malwarebytes pada komputer lain lalu memindahkannya ke komputer yang terinfeksi melalui USB.

3 dari 3 halaman

Ruang Penyimpanan Mendadak Penuh

5. Ruang Penyimpanan Mendadak Penuh

Ilustrasi: Memori internal penuh

Ruang penyimpanan yang mendadak penuh juga bisa jadi salah satu tanda komputer kamu terserang malware atau virus.

Misalnya saja kemarin di laptop kamu masih ada ruang seluas 30 persen dari total memori, tapi hari ini ruang kosong hanya kurang dari 5 persen. Padahal kamu sama sekali tak mengunduh apa pun.

Satu-satunya alasan masuk akal adalah malware diam-diam mengunduh file atau menginstal program di ruang penyimpanan.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ada Galian dan Pengecoran, Sejumlah Jalan di Jakarta Macet
Artikel Selanjutnya
Waspadai Kilat dan Angin Kencang di Dua Kawasan Jakarta Ini