Sukses

Cegah Aplikasi Android Terinfeksi Malware dengan 3 Cara Ini

Coba cegah perangkat Android-mu dari aplikasi yang terjangkit malware dengan menggunakan tiga cara dari Google Play Protect.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi yang ‘bertebaran’ di toko aplikasi Android, Google Play Store, tidak sepenuhnya aman. Maka itu, Google meluncurkan tool terbaru bernama Google Play Protect, untuk melindungi perangkat Android dari aplikasi yang riskan terinfeksi malware.

Cara kerjanya sederhana, ia akan memperingati pengguna jika menemukan aplikasi yang di dalamnya terdapat malware sebelum diunduh.

Namun sebagai catatan, Google Play Protect dirancang untuk mengidentifikasi langsung dari Play Store, bukan dari aplikasi yang diunduh dari situs web third party (via APK).

Nah, untuk mengantisipasi perangkat Android-mu dari aplikasi yang terjangkit malware, alangkah baiknya kamu segera melakukan tiga cara ini. Berikut langkahnya sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip via CNET, Selasa (25/7/2017).

Simak Daftar Aplikasi yang Di-scan

Untuk mengecek kondisi sebuah aplikasi berisikan malware atau tidak, kamu harus memastikannya lewat dari daftar aplikasi yang baru saja di-scan. Caranya, beranjak ke Settings -> Google -> Security -> Google Play Protect.

Di situ, kamu akan menemukan daftar aplikasi yang baru saja diinstal, aplikasi yang dicurigai berbahaya (ada malware), serta opsi untuk menyalakan fitur pengecekan perangkat untuk keamanan dan meningkatkan deteksi aplikasi malware.

Jika tulisannya “Looks good (No harmful apps found)", berarti perangkat Android kamu bebas dari aplikasi yang ada malware-nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tinjau Ulang Sebelum Unduh

Karena Google sudah mengimplementasikan Play Protect, semua aplikasi yang ada di Play Store akan memperlihatkan logo verifikasi di bagian bawah logo aplikasi.

Tulisan “Verified by Google Play Protect” menandakan jika aplikasi tersebut aman dari malware dan tentunya sudah terverifikasi oleh Google.

3 dari 3 halaman

Kembali Cek Setelah Update

Aplikasi yang sudah diperbarui (update) belum tentu jadi jaminan aman. Karena itu, Google melengkapi Google Play Protect dengan fitur yang menginformasikan pengguna jika aplikasi yang baru saja diperbarui aman dari malware.

Jika kamu menemuka tulisan “No problems found” setelah aplikasi di-update, aplikasi tersebut pasti aman dari ancaman malware.

(Jek/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.