Sukses

7 Tips Ampuh agar Baterai iPhone Kamu Awet

Merasa baterai iPhone kamu cepat habis dayanya? Jika ya, tips sederhana ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak pengguna perangkat mobile, salah satu kondisi menyebalkan yang sering dihadapi adalah baterai smartphone yang boros.

Ketika butuh, baterai pun sudah habis daya dan terpaksa kamu harus mencari stop kontak untuk mengisi daya baterai. Jangan khawatir. Mengatasi hal tersebut, Tekno Liputan6.com menyajikan tips praktis yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai iPhone kamu.

1. Pakai Low Power Mode

Fitur ini sangat berguna lantaran bisa membantu menghemat baterai sekitar 20-30 persen. Cara mengaktifkannya cukup mudah yaitu klik Settings > Battery > Geser Low Power Mode. Namun jika kamu menggunakan modus ini, ada beberapa penurunan kinerja seperti efek visual, pengunduhan e-Mail, dan Siri.

2. Matikan Fitur Background App Refresh

Background App Refresh adalah fitur untuk memperbarui informasi di aplikasi. Misalnya ketika kamu menggunakan aplikasi olah pesan, jika ada ratusan chat yang masuk, kamu bisa langsung membuka chat tanpa proses apapun. Sayangnya, hal ini akan menguras kinerja baterai karena “dipaksa” bekerja tiap waktu.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu klik Settings > General > Background App Refresh. Kamu bisa memilih aplikasi saja yang ingin diaktifkan, atau dinonaktifkan sama sekali.

3. Nonaktifkan Location Services

Fitur Location memang penting jika kamu menggunakan GPS atau aplikasi transportasi online untuk menentukan titik bertemu. Namun jika tidak kemana-mana, ada baiknya kamu matikan fitur Location.

Fitur ini diketahui menyedot kinerja baterai untuk selalu meng-update keberadaan kamu. Untuk mematikannya, klik Settings > Privacy > Location Services > Geser Location Services.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Matikan Widget hingga kalibrasi baterai

iPhone 7. (Doc: Digital Trends)

4. Matikan Widget yang Tidak Terpakai

Widget adalah sarana untuk memantau informasi dari sebuah aplikasi secara real time. Misalnya saja Stock, Weather, Calendar, dan lain-lain. Jika jarang menggunakannya, matikan saja aplikasi ini.

Caranya adalah dari layar iPhone, geser layar ke bawah > geser ke kiri > pilih Today > geser ke paling bawah > Edit > Tutup aplikasi yang tidak terpakai.

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Mematikan Wi-Fi dan Bluetooth mungkin sudah sering dilakukan. Namun kadang kita lupa untuk menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan. Selain menghemat baterai, menutup aplikasi yang tidak digunakan bisa meringankan kinerja prosesor. Caranya sederhana yaitu menekan tombol Home dua kali, lalu geser ke atas.

6. Matikan Fitur Reduce Motion

Mungkin kamu senang ketika melihat efek transisi iPhone yang dinamis. Namun, hal itu ternyata cukup menguras baterai. Jika tidak begitu mempedulikan efek dinamis, kamu bisa mematikannya. Caranya adalah klik Settings > General > Accessibility > Reduce Motion > Matikan Reduce Motion.

7. Lakukan Kalibrasi Baterai

Tidak banyak yang tahu mengenai kalibrasi baterai. Sederhananya, kalibrasi baterai adalah menghabiskan baterai hingga mati total, lalu mengisi daya sampai penuh dalam keadaan mati. Sebaiknya kalibrasi baterai dilakukan sebulan sekali. Tujuannya adalah menyegarkan keadaan baterai sehingga tetap awet.

(Theofilus Ifan Sucipto/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.