Sukses

Lebih Intim dengan Wajah Mars Lewat Foto Teranyar

Liputan6.com, California - Upaya NASA mengamati gerak-gerik planet Mars dibuktikan dengan sejumlah gambar yang dibidik oleh pesawat Mars Reconnaissance Orbiter (MRO).

Terbaru, pesawat tersebut mengabadikan wajah planet merah dari jarak dekat, yakni 200 mil di atas permukaan. Kabarnya, ini adalah foto paling dekat yang pernah diambil oleh Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut.

Dikutip Engadget, Sabtu (1/7/2017), foto yang dirilis dari MRO untuk NASA mengungkap permukaan planet secara detail, dengan batu berwarna merah dan cokelat. Di tengah-tengah foto, ada satu titik kecil berwarna biru. Titik tersebut tak lain adalah Curiosity, robot rover NASA yang ditugaskan untuk meneliti permukaan planet.

Foto ini diambil dengan lensa High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) MRO pada 5 Juni 2017. Awalnya, hasil tangkapan lensa direkam oleh lensa inframerah dan biru, setelahnya NASA mengonversi gambar tersebut dalam palet warna merah, hijau, dan biru (RGB) untuk membuatnya semakin mudah dilihat tanpa menggunakan alat khusus.

Foto permukaan Mars ini bukan yang pertama kali. MRO sebetulnya mengirim foto-foto Mars setiap bulan, hanya saja ada waktu-waktu tertentu di mana MRO mampu mengambil wajah Mars dalam posisi yang unik.

MRO juga sempat mengabadikan Mars dalam posisi berlawanan dengan Matahari. Jika diambil foto, hasilnya akan sangat indah dengan kondisi pencahayaan sempurna.

Foto-foto tersebut juga telah diunggah pada situs High Resolution Imaging Science Experiment. Saat ini, sudah ada 44.000 foto Mars yang ditampung di situs tersebut.

MRO sendiri sudah terbang mengitari Mars sejak 2005. Pesawat luar angkasa tersebut ditugaskan untuk mengirim data dan mengambil foto Mars ke Bumi, serta mencari tanda-tanda air yang mengalir di Planet Merah.

(Jek/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Unboxing dan First Impression Galaxy S20 Ultra
Loading
Artikel Selanjutnya
Update Corona Kamis 2 April: Total 1.790 Pasien Dinyatakan Positif Covid-19
Artikel Selanjutnya
35 Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah Rawat 1.084 Pasien Covid-19