Sukses

Rekrut Karyawan Apple, Google Mau Buat Chipset untuk Android?

Liputan6.com, Jakarta - Diam-diam, Google sepertinya sedang berpikir untuk mengembangkan chipset khusus untuk perangkat Android mereka. Hal ini diketahui dari upaya raksasa internet merekrut pegawai divisi pembuatan chip Apple.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Business Insider, Rabu (14/6/2017), pegawai yang dimaksud adalah Manu Gulati, seorang arsitek chip di Apple.

Langkah yang diambil Google ini bisa jadi mengisyaratkan Google sedang berupaya mengenali keunggulan Apple dalam membangun perangkat mobile. Tak seperti pembesut ponsel lainnya, Apple memang merancang sendiri prosesor untuk smartphone iPhone-nya.

Chipset yang disematkan pada iPhone biasanya bekerja lebih cepat dibandingkan dengan chip milik pesaing. Ini dikarenakan Apple bisa menyesuaikannya untuk ponsel dan sistem operasinya sendiri, yakni iOS.

Sebelumnya, Google menyebut divisi hardware mereka merupakan area yang sangat potensial untuk dikembangkan di luar bisnisnya di bidang iklan digital. Tahun lalu, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California ini bahkan telah merilis Google Pixel.

Pixel merupakan smartphone Google pertama yang dirancang oleh perusahaan. Tak hanya itu, Google juga memperkenalkan speaker pintar Google Home, VR headset bernama DayDream, dan versi terbaru dari Chromecast.

Business Insider melaporkan, jika Google benar-benar memutuskan untuk berinvestasi dalam pembuatan chip, tentu hal itu bisa meningkatkan kontrol lebih besar terhadap ekosistem perangkat keras dan perangkat lunak Android.

(Tin/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Loading