Sukses

Bos Apple Bujuk Trump agar AS Tetap Ikut Kesepakatan Iklim Paris

Bos Apple mengaku sudah bertemu dengan Presiden Trump dan membujuknya untuk tetap mengikuti Kesepakatan Iklim Paris.

Liputan6.com, Jakarta - Hengkangnya Amerika Serikat dari Kesepakatan Iklim Paris yang diputuskan oleh Presiden Donald Trump membawa dampak protes dari bos-bos perusahaan teknologi.

CEO Apple Tim Cook adalah satu dari sekian bos perusahaan teknologi yang tak sepakat dengan langkah Trump yang menarik diri dari Kesepakatan Iklim Paris.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Business Insider, Minggu (4/6/2017), Kesepakatan Paris bertujuan untuk memperlambat perubahan iklim dengan menetapkan batasan emisi karbon yang telah banyak dianut oleh komunitas bisnis.

"Saya telah berbicara dengan Presiden Trump pada Selasa lalu dan mencoba membujuknya untuk tetap mengikuti Kesepakatan Paris. Sayangnya itu saja tak cukup," tulis Tim Cook ke seluruh karyawannya melalui email.

Sekadar diketahui, Presiden Trump menyebut Kesepakatan Paris bertujuan untuk memincangkan, merugikan, dan memiskinkan AS. Ia mengklaim, kesepakatan itu menelan US$ 3 triliun GDP AS dan menghilangkan 6,5 juta pekerjaan.

"Untuk memenuhi kewajiban saya dalam melindungi Amerika dan warganya, Amerika Serikat akan menarik diri dari kesepakatan iklim Paris," kata Trump.

Berikut adalah memo internal dari Tim Cook untuk segenap karyawannya di Apple.

"Tim,

Saya tahu banyak dari Anda yang berbagi kekecewaan karena keputusan Gedung Putih menarik Amerika Serikat dari Kesepakatan Iklim Paris. Saya telah berbicara dengan Presiden Trump pada Selasa lalu dan mencoba membujuknya agar AS tetap mengikuti Kesepakatan Iklim Paris. Sayangnya itu tak cukup.

Perubahan iklim sangat nyata dan kita semua berbagi tanggung jawab untuk mengatasinya. Saya ingin meyakinkan kita semua bahwa perkembangan hari ini (penarikan Amerika Serikat dari Kesepakatan Iklim Paris) tidak akan berdampak pada usaha Apple untuk melindungi lingkungan. Kita menggerakkan operasi perusahaan dengan energi terbarukan, yang kami yakini merupakan contoh dari hal baik untuk planet kita. Hal ini juga akan memberi dampak baik untuk bisnis juga.

Kita akan terus berusaha mencapai tujuan ambisius untuk berhenti menambang materi baru sama sekali. Tentu saja, kita akan terus bekerja sama dengan pemasok untuk membantu mereka menjalankan bisnisnya dengan energi bersih. Dan kita akan terus menantang diri kita untuk melakukan lebih banyak hal lagi. Dengan pekerjaan baik kita dan banyak orang lain lakukan, kita bisa optimis tentang masa depan planet kita.

Misi kita adalah selalu membuat dunia lebih baik dibanding sebelumnya. Kita tak akan pernah goyah karena kita tahu generasi masa depan bergabung pada kita.

Pekerjaan Anda hari ini sama pentingnya dengan hari sebelumnya. Terima kasih atas komitmen Anda membuat perubahan setiap harinya.

Tim Cook."

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.