Sukses

Tim Cook Uji Coba Alat Pendeteksi Gula Darah Besutan Apple

Menurut kabar, Tim Cook sudah mencoba perangkat ini sejak beberapa bulan lalu

Liputan6.com, Jakarta - CEO Apple Tim Cook dilaporkan tengah melakukan uji coba sensor pengukur gula darah yang tengah dikembangkan Apple. Menurut laporan, selama uji coba sensor ini dibenamkan pada Apple Watch.

Dikutip dari CNBC, Minggu (21/5/2017), sumber anonim menyebut Cook ternyata telah mencoba perangkat ini sejak beberapa bulan lalu. Ia juga sempat menyinggung kehadiran perangkat ini saat berkunjung ke University of Glasgow, ketika ia menerima gelar honoris causa.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan kapan Apple berencana merilis produk ini untuk publik. Namun hampir dapat dipastikan inovasi teknologi yang ditawarkan Apple merupakan terobosan di bidang kesehatan.

Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah kemampuan perangkat yang memungkinkan mengukur tingkatan gula darah tanpa melukai kulit. Seperti diketahui, pengukur gula darah saat ini masih mengandalkan sensor yang diharuskan menembus kulit.

Untuk informasi, laporan mengenai kehadiran sensor ini sudah terdengar sejak bulan lalu. Apple dikabarkan telah menyiapkan tim berisi insinyur biomekanik untuk mengembangkan sensor tersebut di sebuah kantor di Palo Alto.

Para insinyur itu telah melakukan penelitian terhadap sensor tersebut selama lima tahun. Bahkan, Apple telah melakukan uji kelaikan di lokasi klinis di Bay Area. Perusahaan juga mempekerjakan sejumlah konsultan yang membantu memberi arahan mengenai peraturan kesehatan yang cukup kompleks.

Kabarnya, tim ini dipimpin oleh Wakil Presiden Senior Teknologi Hardware Apple Johny Srouji. Setidaknya ada 30 orang yang bekerja dalam tim tersebut, termasuk ahli biomedikal yang dipekerjakan oleh Apple dari perusahaan seperti Masimo Corp, Sano, Medtronic, dan C8 Medisensors.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.