Sukses

Produksi PS3 di Jepang Resmi Dihentikan

Kepastian penghentian produksi ini diketahui dari situs resmi PlayStation Jepang beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jepang - Setelah berhasil terjual lebih dari 80 juta unit di seluruh dunia, keberlangsungan PlayStation 3 (PS3) dipastikan telah berakhir. Hal ini diketahui setelah Sony menyetop produksi konsol tersebut di Jepang.

Dikutip dari GameSpot, Selasa (30/5/2017), melalui pengumuman di situs resmi PlayStation Jepang disebutkan bahwa PS3 model 500GB yang masih tersisa saat ini tak lagi dilanjutkan. Pengapalan konsol tersebut di wilayah Jepang juga dihentikan.

Tidak diungkap apakah penyetopan ini juga berlaku untuk wilayah pemasaran lain, termasuk di wilayah barat. Namun menilik dari usia PlayStation 3 yang sudah terbilang lama, tak menutup kemungkinan produksi konsol tersebut akan dihentikan seluruhnya.

Kabar mengenai rencana Sony untuk menyetop produksi PS3 di Jepang sebenarnya telah diketahui sejak Maret 2017. Langkah itu diambil mengingat konsol tersebut sudah dianggap usang. PS3 sendiri rilis pertama kali pada November 2006.

Belum dapat dipastikan pula apakah Sony masih memberikan dukungan pembaruan untuk konsol tersebut.

Namun menurut Software Product Development Head PlayStation for America, Scott Rohde beberapa tahun lalu, perusahaan dipastikan tetap mendukung PS3 selama masih diminati. Pun begitu, penjualan PS3 saat ini dilaporkan terus menurun.

Meski disebut masih belum dapat dikalahkan oleh penjualan PS4, ada kemungkinan Sony berencana untuk lebih menggenjot penjualan PS generasi terbaru itu. Apalagi, kini sudah diluncurkan PS4 Slim dan PS4 Pro.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.