Sukses

Pensiun, Intip Foto-Foto Cantik Bidikan Terakhir Satelit NASA Ini

Setelah dipensiunkan, satelit milik NASA, EO-1 menampilkan sejumlah foto-foto cantik penampakan dari atas bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan lalu, NASA baru saja mempesiunkan salah satu satelit terbaiknya, Earth Observing-1 (EO-1). Satelit ini 'pensiun' setelah menyelesaikan misinya lewat program New Millenium. 

Ada kisah menarik di balik peluncuran satelit EO-1. Di awal, satelit ini diluncurkan hanya untuk beroperasi selama satu tahun. Saat itu NASA menggunakan EO-1 untuk melakukan pengujian teknologi pemetaan gambar bumi di masa depan. 

Nyatanya, EO-1 mampu menjalankan misinya dengan baik. Satelit ini pun sukses mengorbit selama 17 tahun. Sekadar diketahui, EO-1 diluncurkan pada 21 November 2000 silam.

Selama 17 tahun mengorbit, EO-1 telah mengabadikan banyak kejadian atau peristiwa alam yang terjadi di bumi, mulai dari erupsi gunung, mencairnya gletser, hingga banjir. Foto-foto tersebut diabadikan dengan dukungan Advanced Land Imager (ALI)

"EO-1 telah mengubah bagaimana pengukuran bumi dibuat dan digunakan untuk keperluan komunitas ilmu pengetahuan," ujar Betsy Middleton, Ilmuwan Proyek EO-1 di NASA dalam keterangan resminya.

Sebagaimana dikutip Digital Trends, Rabu (5/4/2017), berikut ini tim Tekno Liputan6.com menampilkan sejumlah pilihan foto penampakan cantik dari atas bumi:

Selama 30 tahun terakhir, gunung merapi paling aktif di Hawaii, Kilauea, telah menyemburkan lava dan abu. Kawah erupsinya, yakni Pu‘u ‘Ō‘ō, bisa dilihat pada gambar ini sejak November 2016. (Doc: NASA)

Foto satelit Gunung Kilimanjaro di Tansania. (Doc: NASA)

Penampakan hujan deras di wilayah Missouri dan Illinois mengalir ke Sungai Mississippi lalu ke Teluk Meksiko pada Desember 2015

'Longsoran' gletser di Gunung Kaukasus pada 2012 silam mengakibatkan sebuah desa kecil terkubur dan puluhan orang tewas. (Doc: NASA)

Penampakan cantik gletser di Greenland yang mencair setiap musim semi dan musim panas. (Doc: NASA)

(Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini