Sukses

Ancaman di Tengah Maraknya Penggunaan Perangkat Mobile

Penggunaan perangkat mobile yang semakin meluas memunculkan beragam masalah baru berupa serangan yang meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Dalam ekonomi berbasis digital, banyak aplikasi menyediakan layanan bisnis untuk berbagai poin akses dan lokasi, yang bisa memunculkan risiko-risiko baru serta beragam jenis serangan.

Terutama ketika tim IT terus memperluas kemampuan keamanan dan enkripsi di lingkungan cloud, data center, serta lingkungan-lingkungan hybrid.

“Para pemimpin perusahaan di berbagai sektor semakin menyadari bahwa kekuatan aplikasi dan aset data dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan fleksibilitas yang dibutuhkan dalam transisi menuju ekonomi digital,” kata Mohan Veloo, CTO, Asia Pacific, F5 Networks.

Namun, tambah Mohan, inovasi yang terjadi dengan cepat dan penggunaan perangkat mobile yang semakin meluas serta minat konsumen terhadap teknologi-teknologi baru yang tidak pernah terpuaskan, memunculkan beragam masalah baru berupa serangan yang meningkat terhadap sektor perekonomian.

"Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan harus memikirkan kembali arsitektur keamanan tradisional untuk fokus pada bagian-bagian yang memiliki kerentanan terbesar, yakni aplikasi dan pengguna,” ujarnya.

Sebagian besar trafik web/aplikasi saat ini sudah terenkripsi. Artinya upaya untuk mengatasi masalah keamanan aplikasi dengan menggunakan metode tradisional sudah sangat terbatas.

Dengan semakin meluasnya enkripsi, termasuk penggunaannya untuk tujuan jahat sebagai bagian dari serangan terarah yang lebih kompleks, perlindungan para pelanggan dan data kini memerlukan pengetahuan mendalam mengenai trafik aplikasi dan perilaku pengguna.

Juga informasi mengenai ancaman canggih, strategi untuk mengatasinya, dan kontrol akses yang praktis terhadap aplikasi dan data.

Dengan mempertimbangkan elemen-elemen tersebut, F5 Networks dapat menjadi bagian dari solusi keamanan komprehensif bagi perusahaan.

Menggabungkan kekuatan solusi keamanan yang berdiri sendiri (standalone) dengan hardware dengan rancangan khusus dan pengalaman pengguna (user experience) yang lebih sederhana, keluarga produk Herculon yang baru dapat membantu administrator keamanan dalam menerapkan solusi-solusi yang mampu mengatasi hambatan dan ancaman keamanan aplikasi spesifik dengan cepat.

Dengan produk Herculon, perilaku aplikasi dapat lebih dipahami dan dikontrol sehingga berbagai tantangan industri yang sulit dapat diatasi secara langsung dan dengan cara yang mudah.

Dua varian produk pertama dalam portofolio Herculon yang saat ini diperkenalkan yaitu Herculon SSL Orchestrator dan Herculon DDoS Hybrid Defender.

Herculon SSL Orchestrator menawarkan wawasan yang lebih baik mengenai perbedaan pemahaman yang mungkin terjadi akibat meningkatnya penggunaan enkripsi untuk data aplikasi. Sementara Herculon DDoS Hybrid Defender memberikan pertahanan berlapis kepada pengguna dalam menghadapi serangan DDoS dalam skala besar.

(Isk/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini