Sukses

Setahun Tenggelam di Danau Es, iPhone 4 Masih Menyala!

Meski fisiknya sudah hancur dan tidak mulus seperti sedia kala, iPhone 4 ini masih berfungsi dengan baik.

Liputan6.com, Pennsylvania, AS - Apa yang bakal kamu lakukan jika iPhone milikmu tenggelam di dalam danau beku? Kalau tidak beli yang baru, ya lebih baik pasrah saja.

Hal inilah yang terjadi pada pria yang bernama Michael Guntrum. iPhone 4 miliknya, tenggelam di sebuah danau es pada Maret 2015 lalu.

Kala itu, Guntrum tengah pergi memancing di danau Kyle yang berlokasi di Pennsylvania, Amerika Serikat. Danau tersebut saat itu memang lagi beku, bahkan permukaan airnya tertutup oleh es. Tak sengaja, ia menjatuhkan iPhone 4 ke lubang yang ia buat sendiri untuk memancing.

Kondisi suhu danau saat itu menyentuh angka minus 25 derajat celcius. Baginya, mustahil untuk mencari iPhone di kedalaman dengan suhu sedingin itu. Hampir putus asa, akhirnya Guntrum merelakan iPhone-nya tenggelam di danau itu.

Beberapa hari kemudian, Guntrum menceritakan musibah yang ia alami di akun Facebook-nya. Status Guntrum secara mengejutkan menjadi viral, yang pada akhirnya membawa seorang insinyur asal Pennsylvania, Daniel Kalgren, penasaran mencari iPhone yang diceritakan Guntrum.

Ia pun bergegas pergi ke danau Kyle dan memindai daerah beku danau ini dengan alat pendeteksi metal pada Oktober 2016 lalu.

Alasan Kalgren memindai area danau Kyle tak semata-mata untuk mencari iPhone milik Guntrum saja, ia juga mencari barang-barang lain pengunjung danau yang tak sengaja terjatuh dari atas perahu.

Beruntung, iPhone 4 Guntrum yang malah didapat. Smartphone tersebut ia temukan di dalam lumpur dengan kedalaman 6 inci.

Setelah menemukan iPhone ini, Kalgren langsung membawanya ke rumah dan mengeringkannya di dalam tumpukan beras. Setelah dua hari disimpan, ia segera mengisi baterai iPhone hingga penuh dan mencoba untuk menyalakannya. Ajaib, iPhone tersebut ternyata masih menyala.

Memang fisik iPhone 4 itu sudah cukup hancur, pinggiran layarnya sudah rusak. Namun iPhone 4 tersebut masih berfungsi dengan baik. Kalgren pun langsung menghubungi Guntrum dengan membawa kabar baik. Akhirnya, Guntrum kembali memperoleh iPhone 4-nya setelah setahun berpisah.

Ternyata, iPhone 4 ini dapat bertahan selama setahun karena Guntrum melindunginya dengan casing anti air. Jadi, saat tenggelam, iPhone tersebut sama sekali tidak terkena air. Selain itu, iPhone 4 juga diklaim cukup ‘bandel’ dan mampu bertahan di dalam kondisi dengan suhu minus.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini