Sukses

Ricoh Boyong Kamera 360° Theta SC ke Indonesia

Theta SC adalah versi 'budget' dari Theta S. Karena terjangkau, ada beberapa fitur yang terpaksa dikorbankan.

Liputan6.com, Jakarta - Ricoh akhirnya membawa seri kamera 360° terbaru, Theta SC ke Indonesia. Theta SC adalah kamera saku 360° yang harganya lebih terjangkau ketimbang dua seri sebelumnya, yaitu Theta S dan m15.

Genichiro Takaoka, representatif dari divisi Imaging Ricoh-Pentax Asia Tenggara, mengatakan bahwa teknologi foto dan video 360° kini sudah merambah ke berbagai platform.

Apalagi, jejaring sosial populer seperti Facebook dan YouTube sudah menghadirkan fitur pemutar foto dan video dengan teknologi 360°.

Maka itu, Ricoh memanfaatkan animo pasar dengan menghadirkan seri Theta yang lebih ramah kantong agar bisa menggaet lebih banyak konsumen dan mengenal teknologi 360°.

“Kami ingin semua orang mencoba untuk menikmati asyiknya bermain dengan teknologi 360°. Apalagi kini sudah banyak platform, mulai dari Facebook, YouTube hingga Google Street View. Pengalaman mengabadikan momen dalam 360° bakal lebih seru karena banyak teman dari jejaring sosial pasti akan penasaran apa yang kita lakukan,” kata Genichiro kepada Tekno Liputan6.com saat bincang santai di Penang Bistro Restaurant, Jakarta, Jumat (11/11/2016) sore.


Ketika ditanyakan apakah ini merupakan salah satu langkah strategis Ricoh untuk menggenjot penjualan produknya selain Pentax di Indonesia? Genichiro enggan menjawab.

Menurutnya, kamera 360° sudah menjadi segmen tersendiri bagi Ricoh, sementara Pentax merupakan lini bisnis yang punya pasar yang berbeda lagi. 

Seperti diketahui, Theta SC adalah versi 'hemat' dari Theta S. Bahkan, beberapa fitur dari Theta S dipangkas demi menekan harga jual yang lebih terjangkau.

Di antaranya, Theta SC hanya bisa merekam video full HD dengan durasi maksimum hanya 5 menit dan tidak dilengkapi dengan port HDMI.


Meski begitu, Theta SC tetap dilengkapi dengan spesifikasi yang sama seperti Theta S. Kamera ini dipersenjatai sensor 14,5 megapiksel dan memiliki dua lensa yang masing-masing bisa menangkap gambar 180°.

Sama halnya dengan Theta S, Theta SC juga tetap bisa dikendalikan lewat smartphone dengan aplikasi Theta dan memiliki fitur berbagi ke media sosial.

Untuk harganya, Theta SC dibanderol Rp 4,8 juta. Pilihan warnanya ada empat yaitu krem, biru, merah muda, dan putih. Untuk sementara, kamera ini akan tersedia di beberapa eCommerce Tanah Air, mulai dari Dinomarket, Lazada, MatahariMall, Alfacart, JD.id dan Elevania.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini