Sukses

APJII: Traffic Internet Lokal Makin Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Diwartakan sebelumnya, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memaparkan hasil surveinya yang baru diterbitkan bulan ini.

Fakta menarik yang terungkap dari hasil survei tersebut antara lain pengguna internet Indonesia pada 2016 mencapai 132,7 juta. Artinya, ada peningkatan signifikan, bila dibandingkan dengan dua tahun lalu yang mencapai 88,1 juta pengguna saja.

Fakta lainnya adalah, Facebook, Instagram, dan YouTube menjadi tiga (3) media sosial favorit pengguna Indonesia dengan rincian masing-masing 71,6 juta, 19,9 juta, dan 14,5 juta pengguna. 

Meski demikian, ternyata traffic internet lokal Indonesia pun mengalami peningkatan. Hal itu diungkapkan oleh Jamalul Izza, ketua APJII.

"Dibandingkan dengan yang lalu-lalu, traffic internet lokal Indonesia semakin meningkat. Kita bisa kasih perbandingan, sekarang ini (perbandingan traffic internasional dan lokal, red.) sekitar 70:30. Traffic internasional sudah mulai menurun. Kenapa? Karena konten-konten lokal sudah mulai muncul," ujar pria yang akrab disapa Izza tersebut, ketika ditemui usai media briefing pemaparan hasil survei APJII.
Jamalul Izza, Ketua APJII Periode 2015-2018. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Kemudian, Izza melanjutkan, "Kecepatan internet untuk lokal, kita makin cepet karena kita punya beberapa internet exchange. APJII punya sekitar 10 internet exchange yang tersebar di seluruh Indonesia, (fungsinya) untuk mempercepat akses internet." 

(Why/Isk)