Sukses

Duh, Transfer Data di iPhone 7 Versi 32GB Ternyata Lebih Lelet

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi terkemuka Amerika Serikat Apple sebulan lalu meluncurkan iPhone 7. Apple meluncurkan iPhone 7 dalam berbagai varian memori internal, yakni 32GB, 128GB, dan 256GB.

Menurut perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini, tak ada perbedaan antara varian-varian tersebut, kecuali dari kapasitas ruang penyimpanan internalnya. Baik layar, performa, chip yang digunakan, maupun bentuk, ketiganya identik alias sama persis.

Meski begitu, rupanya di lapangan dijumpai perbedaan pada performa atau kinerjanya. Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Business Insider, Jumat (21/10/2016), pemilik akun Unbox Therapy di YouTube melakukan sebuah riset yang menunjukkan perbedaan keduanya.

Dari hasil percobaan itu, diketahui ada perbedaan dalam kecepatan penulisan dan pembacaan data saat proses transfer data berlangsung. Untuk diketahui, iPhone 7 versi 256GB lebih cepat saat dipakai mentransfer data dibandingkan iPhone 7 versi 32GB.

Sang pemilik akun Unbox Therapy dalam video tersebut membuktikan dengan memindahkan file film Star Wars dari sebuah laptop Mac ke kedua iPhone7 tersebut.

Perbedaan kecepatan penulisan dan pembacaan data pada iPhone 7 versi 256GB dan 32GB (Sumber: Business Insider)
Rupanya, file film itu hanya membutuhkan waktu selama 2 menit lebih saat dipindahkan ke iPhone 7 versi 256GB. Adapun pada saat ditransfer ke iPhone 7 32GB, prosesnya berlangsung 1 menit lebih lambat, yakni lebih dari 3 menit.

Apple belum memberikan komentar akan hal ini, sehingga, Business Insider berasumsi penyebabnya adalah ruang memori besar memiliki kemampuan lebih cepat saat membaca data. Asumsi lain, kemungkinan Apple memakai jasa vendor berbeda untuk chip 32GB pada iPhone 7.

Untungnya, bagi sebagian orang hal ini tak begitu berpengaruh karena orang tak sering memindahkan file atau data dari komputer ke iPhone.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.