Sukses

Asyik, Oculus Siapkan VR Headset Murah

Selain tak semahal Rift, headset ini juga didesani lebih mudah dibawa kemana-mana

Liputan6.com, California - Banyak pihak memprediksi teknologi Virtual Reality (VR) akan mulai menjadi tren untuk beberapa tahun ke depan. Karena itu, tak sedikit perusahaan berlomba mulai mengembangkan VR headset, salah satunya Oculus.

Perusahaan yang kini dimiliki Facebook itu bahkan sudah meluncurkan Rift pada awal tahun ini. Namun perangkat itu disebut masih terlalu mahal dan membutuhkan komputer berkemampuan mumpuni.

Maka itu, pada konferensi pengembang yang baru saja diadakan kemarin, Oculus mengungkapkan pihaknya tengah mengembangkan VR headset kelas menengah. Kabar itu diungkapkan langsung oleh CEO sekaligus pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

Sayangnya, ia tak mengungkap lebih banyak informasi mengenai headset yang masih dalam tahap purwarupa tersebut. Pun demikian, ia menyebut perangkat ini tak akan tergantung pada komputer untuk dapat digunakan. 

Mengutip Ubergizmo, Jumat (7/10/2016) suami dari Priscilla Chan itu juga menyebut produk ini tak akan dibanderol semahal Rift. Hanya belum dapat dipastikan apakah headset ini akan berjalan secara mandiri atau perlu terhubung dengan smartphone, seperti Gear VR dari Samsung

Headset ini juga didesain portabel, sehingga pengguna dapat membawanya dengan mudah. Kemudahan disebut akan menjadi salah satu nilai jual dari headset ini mengingat desain dan pengoperasiannya tak perlu dihubungkan dengan komputer. 

Sebagai informasi, Oculus Rift dibanderol dengan harga US$ 599 atau Rp 8 jutaan. Menilik ucapan Zuck, besar kemungkinan headset yang tengah dikembangkan ini akan jauh lebih murah dari pendahulunya itu.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini