Sukses

Strategi Taiwan Hadapi Gempuran Produk Tiongkok di Indonesia

Perusahaan Taiwan memiliki strategi tersendiri untuk menggaet pasar Indonesia, khususnya produk mobile.

Liputan6.com, Jakarta - Produk teknologi asal Tiongkok tengah gencar memasuki pasar Indonesia. Sejumlah produknya cukup berhasil memikat konsumen Tanah Air.

Lantas, bagaimana dengan Taiwan yang juga dikenal sebagai negara asal beberapa perusahaan teknologi kenamaan? Menanggapi hal tersebut, Manager Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) Macy J. J. Chen, menyebut Taiwan memiliki strategi tersendiri untuk menggaet pasar Indonesia, khususnya produk mobile.

Ia menuturkan, perusahaan Taiwan menyasar konsumen dengan segmen berbeda. Meskipun berada dalam pasar yang sama, untuk kategori perangkat mobile, perusahaan Taiwan ingin lebih masuk ke pasar medium-high.

"Beberapa produsen mobile Tiongkok mungkin lebih menyasar konsumen menengah ke bawah yang memang menginginkan produk dengan harga terjangkau," ujar Macy saat ditemui di sela-sela konferensi pers kampanye Taiwan Excellence di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Salah satu dukungan pemerintah Taiwan terhadap perusahaan Taiwan adalah kampanye Taiwan Excellence. Lewat kampanye ini, produk-produk inovatif dan berkualitas Taiwan mendapatkan sertifikasi dari beberapa ahli di berbagai bidang dan sudah diakui lebih dari 100 negara.

Jajaran laptop yang masuk program Taiwan Excellence. (Liputan6.com/Agustinus Mario Damar)
"Saya pikir pemerintah Tiongkok tak memiliki program semacam ini. Lewat program ini kami ingin meningkatkan brand awareness di pasar luar negeri seperti Indonesia," tutur Macy menambahkan.

Selain itu, di tengah pertumbuhan pesat eCommerce di Indonesia, TAITRA juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa pelaku eCommerce di Indonesia. Dengan demikian, produk-produk Taiwan juga dapat ditemukan di beberapa kanal penjualan online.

Produk lain yang ikut program Taiwan Excellence. (Liputan6.com/Agustinus Mario Damar)
Sebagai informasi, Taiwan Excellence merupakan penghormatan terhadap produk Taiwan paling inovatif dan bernilai tambah. Produk yang memakai simbol ini sudah terpilih dan dipastikan memiliki keunggulan dari sisi desain, kualitas, riset dan pengembangan, serta pemasaran.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini