Sukses

Retract Message, Fitur Tarik Pesan yang Terkirim di BBM

Lewat fitur ini, kamu tak perlu lagi khawatir soal pesan yang salah kirim

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, aplikasi chatting menjadi salah satu yang paling sering dipakai oleh pengguna smartphone. Alasannya, banyak dari aplikasi tersebut memiliki beragam fitur yang membuat obrolan menjadi lebih menarik dan mudah.

Di sisi lain, tak jarang karena asyik mengobrol lewat aplikasi chatting, ada kemungkinan pesan yang salah terkirim. Meskipun kelihatannya sepele, kejadian itu bisa jadi merepotkan bila pesan yang dikirim bersifat pribadi.

Untuk itu, fitur pembatalan pesan bisa jadi solusi masalah tersebut. Dan, salah satu aplikasi chatting yang menghadirkan kemampuan tersebut adalah BlackBerry Messenger (BBM).

Aplikasi chatting asal Kanada itu memiliki fitur yang diberi nama Retract Message. Lewat fitur ini, kamu bisa menarik pesan seluruh pesan yang dikirim dalam sebuah percakapan saat menggunakan BBM.

Dikutip dari laman resmi BlackBerry, Selasa (8/8/2016), fitur ini dapat berlaku dua arah. Jadi, ketika kamu membatalkan sebuah percakapan, pesan yang dihapus tak akan ada lagi di perangkat penerima maupun pengirim.

Untungnya, fitur yang sangat membantu untuk mencegah pesan salah kirim ini sudah bisa dipakai secara gratis. Sejak April lalu, BlackBerry memang mengumumkan tak lagi menarik biaya dari penggunaan fitur ini.

Sebelumnya, pengguna diharuskan berlangganan untuk bisa menikmati fitur tersebut secara terbatas. Ketika itu, pengguna hanya dibatasi tiga percakapan untuk bisa memakai fitur Retract Message. Bagaimana, tertarik menggunakannya? 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.