Sukses

5 Fitur Rahasia BBM yang Perlu Kamu Ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu bahwa aplikasi pesan instan yang digunakan saat ini ternyata memiliki segudang fitur rahasia yang cukup berguna? Ya, Tekno Liputan6.com pernah mengulas deretan fitur tersembunyi ini seperti yang pernah ada di WhatsApp beberapa waktu lalu.

Kini, kami akan mengulas seputar fitur rahasia yang ada di aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) versi perangkat Android.

Fitur-fitur ini bisa digunakan pada waktu dan tujuan tertentu. Jadi, tanpa berpanjang lebar lagi, berikut fitur-fitur rahasia BBM yang perlu kamu ketahui sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Senin (1/8/2016).

1. Mention nama di group

Kamu bisa me-mention nama kontakmu di diskusi group BBM. Caranya sangat mudah: tap dan tahan beberapa saat di salah satu foto kontak yang ada di group, setelahnya kontak tersebut secara otomatis akan di-mention.

2. Retract pesan

Bagaimana jika kamu terlanjur mengirim pesan lalu ternyata pesan yang dikirim itu salah? Tenang saja, karena BBM sebetulnya punya fitur retract di mana kamu bisa menarik kembali pesan yang sudah dikirim. Caranya juga mudah, tinggal tap dan tahan pesan yang ingin ditarik, lalu pilih hapus dan klik pilihan retract.

2 dari 3 halaman

Berbagi Lokasi

3. Berbagi lokasi

Kamu juga bisa berbagi lokasi dengan kontakmu di BBM. Sangat mudah dan simpel, tinggal buka kontak BBM yang ingin kamu bagikan lokasi dan pilih share location.

4. Backup pesan BBM
Kamu juga bisa mem-backup pesan agar tidak hilang dari BBM. Caranya dengan masuk ke menu BBM dan tap pilihan setting, setelahnya scroll hingga kamu menemukan opsi simpan riwayat obrolan, segera centang pilihan tersebut dan tap pilihan 'cadangkan sekarang'. Saat itu, semua percakapanmu akan di-backup ke server BBM.

3 dari 3 halaman

Kirim Pesan Rahasia

5. Mengirim pesan rahasia

Kamu pun bisa memanfaatkan fitur Timed Messenger yang berfungsi sebagai fitur pesan rahasia yang ada di BBM. Kamu bisa mengirim waktu pesan yang dapat dibaca lawan bicara dalam waktu yang ditentukan, mulai dari 1, 3, 5, 30 hingga 60 detik. Caranya pun mudah, buka aplikasi BBM dan pilih kontak. Setelah itu, tulis pesan yang ingin dikirim.

Sebelum mengirim, tap ikon jam di sudut kiri bawah agar dapat mengaktifkan fitur Timed Messenger. Kamu bisa mengatur durasi pesan yang ingin dibaca dan langsung mengirimnya.

Hadirnya fitur-fitur rahasia pada aplikasi pesan instan ini dijamin bakal bikin pengalaman menggunakan BBM terasa lebih optimal dan berguna. Selamat mencoba!

(Jek/Ysl)