Sukses

Alibaba Meluncurkan 'Mobil Internet' Seharga Rp 369 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan eCommerce ternama, Alibaba bersama SAIC meluncurkan produk baru buatan mereka, yaitu 'mobil internet'.

Mengutip laman Forbes, Senin (11/7/2016), teknologi ini mengacu pada penggunaan internet melalui sistem Internet of Things (IoT), di mana segalanya dapat terhubung dengan internet. Kamu dapat menghubungkan mobil dengan gadget kamu, hingga komputer yang berada di rumah.

Pengerjaan mobil ini sendiri sepenuhnya dilakukan oleh Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC). Perusahaan sendiri berusaha menghadirkan “otak” ke dalam mobil internet ini. Otak yang dimaksud adalah sistem YunOS for Car, merupakan 'keturunan' dari sistem YunOS.

Mobil internet ini dipercaya tidak hanya terkoneksi dengan gadget, tetapi akan terkoneksi dengan televisi, pendingin ruangan, kulkas, mesin cuci hingga penyedot debu.

Mobil internet ini sendiri dijual seharga US$ 15.000 - US$ 28.000 atau setara dengan Rp 197 juta - Rp 369 juta (Kurs Rp. 13.180 per dolar).

YunOS for Car yang menjadi otak mobil ini adalah sistem operasi yang dikembangkan perusahaan non-otomotif, dan telah banyak digunakan di mobil-mobil China. 

Seperti sistem operasi lainnya, YunOS for Car mengontrol fungsi-fungsi dasar sistem informasi, seperti navigasi, radio, dan integrasi dengan gadget.

Uniknya, Alibaba juga menambahkan beberapa fitur baru dan menarik. Dengan menggunakan jaringan eCommerce Alibaba, kamu dapat memesan tempat parkir, bensin, bahkan berbelanja.

Setiap mobil mendapatkan kode “internetID” yang memungkinkan sistem operasi untuk merekomendasikan musik atau restoran favorit terdekat, berdasarkan data yang dikumpulkan pada perjalanan sebelumnya.

Selain itu, kehebatan sistem di mobil ini adalah terintegrasi dengan gadget. YunOS for Car dapat mencari agenda di gadget kamu, dan memberikan navigasi untuk mencari dan bertemu dengan orang yang seharusnya bertemu dengan kamu sesuai agenda tersebut.

Alibaba juga mengembangkan aplikasi yang berguna untuk mengecek status kendaraan, hingga membuka pintu garasi rumah kamu.

(Aldo Lim/Isk)

Loading