Sukses

7 Fitur Rahasia PS4 Ini Wajib Anda Ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi rahasia umum bahwa kebanyakan gamer yang memilliki konsol, baik Xbox One ataupun PS4, hanya menggunakan konsolnya untuk bermain gim dengan sesekali bermain secara online bersama kawan atau browsing internet.

Namun tahukah Anda, konsol PS4 sebetulnya memilliki fitur tersembunyi yang bisa mengoptimalkan cara Anda bermain gim.

Penasaran? Berikut ini tujuh tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk 'membuka' fungsi dan fitur tersembunyi di konsol PS4 Anda.

1. Ubah Perangkat Mobile Jadi Keyboard

Mengetik di konsol PS4 terkadang agak menyulitkan bagi beberapa orang. Untuk mengakalinya, Sony menyediakan sebuah aplikasi pendamping bernama PlayStation App.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengubah perangkat mobile Anda menjadi sebuah remote keyboard. Setelah diunduh dan terpasang di smartphone atau tablet--iOS dan Android--Anda tinggal cari opsi "Connect to PS4" di aplikasi tersebut.

Sekadar informasi, usahakan menggunakan jaringan WiFi atau koneksi internet yang sama untuk perangkat mobile dan PS4 Anda. Selain dapat mengubah perangkat mobile menjadi keyboard, Anda juga dapat menghubungkan USB keyboard dan Bluetooth ke konsol PS4. Anda tinggal menyematkannya ke port USB dan mengikuti instruksi singkat penggunaannya.

Untuk keyboard Bluetooth, buka Settings > Devices > Bluetooth Devices. Secara otomatis konsol Anda akan mencari perangkat Bluetooth terdekat.

2 dari 4 halaman

Atur Cahaya LED

2. Ubah Tingkat Kecerahan LED di DualShock 4

Tahan tombol "Home" di Dual Shock 4 untuk memunculkan menu dan pilih "Adjust Sound and Devices". Di menu ini, Anda dapat mengatur tingkat kecerahan cahaya LED kontroler PS4 yang Anda miliki.

Ini merupakan trik yang cukup berguna, berhubung tingkat kecerahan LED kontroler akan memengaruhi masa pakai baterai.

3. Gunakan Akselometer untuk Bantu Mengetik

Bila Anda masih bersikukuh menggunakan kontroler PS4 untuk mengetik, Anda bisa mengoptimalkan fitur akselometer yang tertanam di DualShock 4 untuk mengetik.

Bagaimana cara menyalakan fitur ini? Cukup mudah. Saat ada di layar keyboard virtual, Anda cukup tekan tombol R3 dan gerakkan kontroler PS4 ke arah yang Anda inginkan.

3 dari 4 halaman

Kapasitas HDD Penuh

4. Kapasitas HDD Penuh? Gunakan Flashdisk!

Harddisk konsol PS4 Anda sudah penuh? Hal ini bukan masalah bagi Anda pemilik akun berlangganan PS+ karena Anda dapat menyimpan atau memindahkan data di konsol ke penyimpanan cloud

Lalu bagaimana bila Anda tidak berlangganan PS+? Jangan khawatir karena Anda dapat menggunakan USB stick untuk menyimpan data atau gim-gim yang sudah diunduh.

Yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke menu Settings dan buka "Application Saved Data Management" dan pilih ke mana Anda ingin menyimpan data, screenshot, dan video.

5. Menyalakan TV dan PS4 Bersamaan

Cara ini cukup membantu bagi Anda yang tidak ingin repot menyalakan TV dan konsol satu per satu. Cukup dengan menyalakan salah satunya, Anda pun sudah bisa langsung main gim PS4.

Bagaimana caranya? Yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke menu Settings > System > dan centang "Enable HDMI Device Link". Perlu diingat, cara ini hanya berlaku untuk TV tipe baru dan tidak berlaku untuk TV tipe lama. 

4 dari 4 halaman

Main PS4 di PC atau Mac

6. Atur PS4 Mati secara Otomatis

Punya kebiasaan meninggalkan konsol PS4 dalam waktu lama dengan keadaan menyala? Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, Anda bisa mengatur konsol PS4 agar mati secara otomatis dalam waktu tertentu bila sedang tidak digunakan.

Caranya, Anda masuk ke menu dan cari "Power Save". Di sana Anda akan menemukan berbagai opsi pengaturan. Anda bisa memilih konsol mati secara otomatis atau hanya masuk dalam mode "Standby".

7. Main PS4 Menggunakan PC atau Mac

Seperti biasa, tips terbaik selalu disimpan di urutan terakhir. Setelah meluncurkan update beberapa pekan lalu, kini Anda bisa bermain PS4 lewat PC atau Mac dengan menggunakan Remote Play.

Ya, Anda hanya perlu memasang software ini di PC atau Mac Anda. Setelah terpasang, buka menu Settings di konsol PS4, klik "Remote Play Connection Settings" dan klik "Enable Remote Play."

Setelah semua hal di atas dilakukan, Anda tinggal colok kontroler PS4 ke komputer via port USB dan buka program Remote Play yang sudah Anda pasang di PC. Selamat! Kini Anda bisa bermain PS4 di PC atau Mac.

(Ysl/Why)

Loading