Sukses

Perintah OK Google Berbahasa Indonesia yang Wajib Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur menarik di Android adalah voice search dengan aba-aba 'OK Google'. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan banyak hal hanya dengan perintah suara.

Tinggal ucapkan 'OK Google', lalu ucapkan perintah Anda, maka Google akan melaksanakan perintah tersebut. Namun tentu saja, ada yang harus diperhatikan di sini.

Perintah yang disampaikan harus dapat dipahami oleh Google. Nah, kali ini Tekno Liputan6.com merangkum kumpulan perintah tersebut. Apa saja? Yuk, cari tahu di sini!

1. Buka [nama aplikasi]


Perintah pertama adalah 'Buka'. Pengguna, melalui perintah ini, dapat membuka aplikasi. Misalnya, untuk membuka Gmail, pengguna cukup mengatakan 'Buka Gmail'.




2. Arah ke [lokasi]


Mau pergi ke suatu tempat, tapi gak tau arahnya? Gak perlu khawatir! Google bisa melakukannya untuk Anda.

Untuk pergi ke Monumen Nasional, misalnya, Anda hanya perlu mengucapkan 'Arah ke Monumen Nasional' untuk mendapat bantuan navigasi Google, yang terintegrasi dengan Google Maps tentunya. Setelah opsi rute muncul, Anda cukup memilih rute terbaik menurut Anda, lalu ketuk 'Mulai'.


2 dari 4 halaman

OK Google

3. Bagaimana cuaca hari ini?


Bingung apakah hari ini Anda perlu membawa payung atau tidak? Ada baiknya Anda mengecek prakiraan cuaca. Hanya dengan mengatakan 'Bagaimana cuaca hari ini', Anda akan mendapat informasi cuaca terkini lengkap, mulai dari curah hujan (jika hujan), kelembapan udara, dan kecepatan angin.

Kemudian bila Anda ingin mengetahui cuaca hari ini di kota atau tempat lainnya, Anda cukup menambahkan nama kota atau tempat tersebut.



Contohnya, 'Bagaimana cuaca hari ini di Bandung' atau 'Bagaimana cuaca hari ini di Berlin'.



4. Berapa jarak [A-B]


Perintah berikutnya adalah mencari tahu jarak. Mirip dengan perintah 'Arah ke', ini terintegrasi juga dengan Google Maps.



3 dari 4 halaman

OK Google

5. Di mana [tempat] terdekat?


Perintah ini dapat Anda gunakan untuk mencari lokasi sebuah toko, kedai kopi, SPBU, atau tempat lainnya, yang paling dekat dengan lokasi Anda saat ini.



Misalnya, dalam contoh ini kami menanyakan 'Di mana coffee shop terdekat' dan mendapati opsi sejumlah kedai kopi yang lokasinya memang berada di dekat kami. Asyik!

6. Kapan [klub] bertanding?


Anda yang merupakan penggemar klub sepak bola mungkin akan menyukai fitur ini. Bila Anda penggemar Bayern Muenchen, misalnya, Anda cukup mengatakan 'Kapan Bayern Muenchen Bertanding'. Maka Google pun akan menampilkan ringkasan informasi jadwal pertandingan Bayern Muenchen yang terdekat.



Lalu cukup dengan mengetuk tanda panah ke bawah, Anda akan mendapat detail informasi lainnya seperti berita dan klasemen.

4 dari 4 halaman

OK Google

7. Hitung


Ternyata, voice search juga bisa digunakan untuk hitung-hitungan loh! Ya, operasi hitungan matematika seperti tambah, kurang, bagi, kali, bisa diselesaikan dengan mudah oleh Google.



Misalnya, untuk mengetahui hasil dari 11% kali 723.500, Anda cukup mengatakan 'Hitung sebelas persen dari tujuh ratus dua puluh tiga ribu lima ratus'.

Kemudian, masih soal hitung-hitungan, Anda juga dapat mengonversi nilai mata uang dengan mudah.



Misalnya, ucapkan 'Ubah sepuluh ribu rupiah ke yen'.




**Catatan

a. Selain perintah-perintah tersebut di atas, Anda dapat mencoba perintah-perintah lainnya. Perlu diketahui, ada perintah yang bisa langsung diselesaikan oleh Google--termasuk dengan bantuan layanan Google lainnya yang terintegrasi.

Namun untuk menyelesaikan perintah tertentu, Google hanya menampilkan hasil pencarian (search result) untuk membantu Anda.

b. Kemudian hal lain yang harus diperhatikan adalah fitur ini hanya berfungsi jika smartphone Android Anda terhubung ke jaringan internet.

c. Untuk perintah yang berkenaan dengan jarak, lokasi, dan sebagainya yang mengacu ke posisi Anda, GPS di smartphone Android Anda harus diaktifkan.

(Why/Isk)