Sukses

AMD Kembangkan Chip GPU Baru Jelang Computex 2016

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa minggu lalu tersebar bocoran informasi di internet tentang spesifikasi lengkap kartu grafis AMD yang akan menggunakan GPU Polaris. Kabarnya saat ini AMD sedang mengembangkan tiga FinFET GPU 14nm berbeda yang bernama Vega 10, Polaris 10 dan Polaris 11.

Spesifikasi yang 'nongol' di database Compubench via videocardz ini memegang penting peranan dalam mengungkap berbagai jenis kartu grafis baru yang akan AMD perkenalkan.

Sebelumnya hal serupa juga pernah terjadi, dimana database seri AMD Fury 300 dan 200 juga bocor terlebih dahulu sebelum resmi di umumkan di pasaran.

Mengutip informasi dari Wccftech, Jumat (6/5/2016), walau Polaris 11 memiliki angka lebih besar dari Polaris 10, ternyata GPU yang dimiliki Polaris 10 lebih besar ketimbang Polaris 11.

Rencananya AMD akan memperkenalkan enam macam seri Polaris 11, dimana tiga seri untuk desktop dan tiga seri lainnya produk notebook. Dari bocoran database yang ada, Polaris 11 yang menggunakan ID 67FF akan masuk ke dalam produk kelas bawah dari seri lainnya.

Hal ini juga menandakan kalau Polaris 11 akan menjadi pengganti seri kartu grafis AMD Pitcairn--370, 270, dan 7800--dalam segi harga dan posisi dipasaran. Seri ini juga akan tampil dengan kapasitas memori sebesar 4GB dan 2GB GDDR5/X.

Komparasi AMD arsitektur Polaris dengan pesaingnya. (videocardz)
Raja Koduri, selaku Senior Vice President and Chief Architect, Radeon Technologies Group mengatakan, kalau fokus AMD saat ini adalah Polaris guna memberikan gamer di dunia sebuah performa tinggi sebuah kartu grafis sesuai dengan harga yang dibayarkan.

Rencananya, AMD akan mengumumkan kartu grafis berteknologi Polaris ini pada pertengahan tahun 2016 tepat bersamaan dengan jadwal ajaran baru sekolah dengan kemunculan pertamanya di ajang Computex yang akan akhir bulan ini.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.