Sukses

Mengintip Titan, Bulan Planet Saturnus Mirip Bumi

Liputan6.com, California - Pesawat luar angkasa NASA, Cassini, baru saja mengirimkan gambar bulan planet Saturnus, Titan. Menariknya, dari gambar dengan resolusi tinggi tersebut, Titan dinilai memiliki kemiripan dengan Bumi.

Dikutip dari Gizmodo, Jumat (29/4/2016), Titan memiliki detail geografis serupa dengan Bumi, seperti hadirnya laut dan danau.

Bedanya, jika laut dan danau di Bumi mengandung air, Titan memiliki cairan metana yang mengisi laut dan danau miliknya.

Lantas, bagaimana laut dan danau tersebut bisa diisi dengan cairan metana? Salah seorang ilmuwan NASA menjelaskan, Titan memiliki siklus hujan sama dengan yang ada di Bumi.

Hanya saja, siklus hujan di Bulan ini merupakan 'rekayasa' dari atmosfer Bulan, sehingga mampu menciptakan hujan metana.


"Danau dan lautan di Titan merupakan kawah dan dataran rendah yang diisi dengan hujan metana, yang berasal dari atmosfer Titan. Saat siklus hujan berlangsung, ia mengisi kekosongan wilayah permukaan dan membentuk laut, atau juga danau," kata juru bicara ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut.

Meski Titan memiliki siklus yang sama dengan Bumi, masih ada beberapa hal yang membedakan keduanya. Di antaranya, Titan tidak memiliki oksigen, serta mempunyai temperatur sangat dingin.

(Jek/Why)