Sukses

10 Pilihan Board Game Edukatif untuk Anak

Liputan6.com, Jakarta - Di jaman yang serba canggih ini, banyak sekali video gim menyajikan gameplay yang begitu rumit. Bahkan, anak-anak pun bisa ikut-ikutan untuk memainkannya.

Mungkin sekarang saatnya Anda kembali mengajak anak-anak untuk memainkan permainan jadul (jaman dulu) berupa board game (permainan yang berbentuk papan) yang bisa 'menahan' mereka dari godaan TV dan gadget.

Banyak sekali board game yang menyajikan jenis permainan yang bervariasi, mulai dari jenis yang menghibur, membuat si pemain berpikir, berkonsentrasi, bahkan sampai dengan konten permainan yang  mempunyai unsur edukatif.  

Board game tidak hanya dikhususkan untuk anak-anak, orang dewasa pun juga bisa ikut bermain. Oleh karena itu, pilihlah permainan dalam board game yang bisa membantu meningkatkan quality time Anda dengan anak-anak. 

Apakah Anda mencari permainan board game dengan unsur edukatif ? Atau permainan yang seru dan membuat Anda ingin terus memainkannya? Berikut kami rangkum 10 pilihan board game edukatif untuk si anak, sebagaimana dikutip dari laman Ranker, Minggu (20/3/2016).

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

1. Ular Tangga

Permainan ini sangat populer sampai saat sekarang. Ular tangga bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih dengan menggunakan papan yang mempunyai kotak-kotak bernomor disertai ular dan tangga.

Tujuan dari gim ini adalah mengikuti berapa banyak angka dari dadu yang Anda kocok, mulai dari start (kotak paling bawah) sampai finish (kotak paling atas).

2. Candy Land

Candy Land adalah racing board game yang sederhana. Permainan ini tidak membutuhkan keahlian membaca atau berhitung, sehingga sangat cocok untuk menjadi pilihan permainan anak-anak anda yang masih berusia dini.

3. Monopoly

Monopoly adalah board game yang dibuat atas konsep ekonomi Monopoli. Si pemain harus bergerak di atas papan dengan aktivitas membeli atau menjual properti, mengembangkan properti yang dimiliki dengan membangun rumah dan hotel, tentunya dengan menggunakan uang palsu ala Monopoly.

Monopoly (google.com)
Permainan ini masih sangat diminati sampai sekarang, bahkan dibuat versi mobile gamenya untuk para pemakai smartphone oleh salah satu aplikasi pesan instan populer pada saat ini.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Boggle

Bagi Anda yang familiar dengan Scrabble, Boggle mungkin bisa menjadi alternatif permainan selain Scrabble. Boggle adalah word game yang didesain untuk bisa dimainkan dengan menggunakan dadu-dadu kecil berhuruf, dimana para pemain bisa merangkai kata-kata dari huruf-huruf yang berdekatan.

5. Mouse Trap

Board game ini sangat menarik dan bisa dimainkan sampai dengan empat pemain. Para pemain harus bekerja sama membangun perangkap tikus di atas papan permainan. Ketika perangkap tikus telah dibuat, para pemain harus memainkan tikus dengan melangkah sampai ke garis finish dan menghindari perangkap yang sudah dibuat.

6. Jenga



Permainan ini menguji mental pemainnya untuk berpikir secara strategis. Selama permainan, para pemain mempunyai giliran untuk mengambil satu blok kayu dari menara kayu yang terdiri dari 54 blok. Setiap blok yang diambil harus ditaruh kembali ke sisi paling atas, menutupi bagian atas agar seimbang namun juga tetap menjaga kestabilan bagian bawah yang bloknya telah di ambil.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya


7. Twister

Permainan board game bisa menjadi alternatif untuk Anda dan anak-anak di saat bosan bermain dengan permainan pada saat ini.
Twister adalah permainan yang menguji keahlian fisik dan bisa dimainkan di atas karpet plastik besar. Karpet ini mempunyai 4 baris yang berisi lingkaran warna-warni di setiap barisnya. Para pemain harus mengikuti instruksi dimana mereka harus menaruh kaki dan tangan di lingkaran warna-warni yang tersedia.

8. Blokus


Blokus bisa dimainkan oleh dua orang sampai dua pemain. Permainan ini menyajikan board yang terbagi sampai dengan 20 baris dan 20 kolom dengan total 400 kotak kecil dimana para pemain harus melengkapi kotak-kotak tersebut dengan blok warna-warni seperti tetris.

9. Fireball Island

Permainan ini sangat unik dan menarik karena tampilan papan tiga dimensinya membuat para pemain seakan-akan berada di dalam sebuah miniatur pulau kecil. Tujuannya sederhana, para pemain harus mengontrol sepanjang jalan di pulau dan menghindari rintangan fireball.

10. Trouble

Trouble adalah board game dimana para pemain bisa berkompetisi untuk bisa menjadi yang pertama mengurutkan 4 biji kecil warna-warni di papan permainan. Biji ini bergerak sesuai dengan dadu yang diputar di tengah-tengah papan permainan.

Dari 10 daftar Board Game di atas, mungkin Anda pernah memainkan beberapa di antaranya. Namun, jika belum, saatnya sekarang Anda dan anak-anak memainkan permainan papan yang seru dan old school ini.

(Jek/Ysl)