Sukses

Ilmuwan Temukan Koral Baru di Galapagos

Sejumlah ilmuwan menemukan spesies terumbu karang baru dalam sebuah survei batu karang yang cukup luas di Kepulauan Galapagos.

Liputan6.com, Southampton: Sejumlah ilmuwan baru-baru ini menemukan spesies koral baru dalam sebuah survei terumbu karang yang cukup luas di Kepulauan Galapagos. Survei yang dipimpin Professor Terry Dawson dari Universitas Southampton ini meliputi beberapa daerah yang belum pernah dikaji ilmuwan lain sejak tahun 1970. Dalam survei kali ini para ilmuwan berhasil menemukan tiga spesies baru terumbu karang yang berasal dari genus hydrozoanthus, parazoanthus dan antipathozoanthus.

Penemuan ini kontan membuat ilmuwan senang. Ini mengindikasikan spesies ini lebih kuat daripada dugaan sebelumnya. Para ilmuwan mengkhwatirkan perubahan iklim akan menyebabkan rusaknya terumbu karang. Salah satu yang ditakuti adalah fenomena Elnino yang menyebabkan banyak jenis terumbu karang mati.

Selain itu, terumbu karang juga terancam dengan banyaknya karbondioksida. Faktor tersebut menjadi salah satu penyebab matinya terumbu karang. "Kita khawatir dengan perubahan iklim, namun beberapa spesies ternyata dapat beradaptasi dengan cepat", ujar Dawson seperti dikutip Guardian. Rencananya Dawson dan timnya akan kembali lagi ke Galapagos untuk meneliti migrasi komunitas hiu dan hewan lainnya.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.