Sukses

WhatsApp Tembus 1 Miliar Pengguna

Jumlah ini menandakan bahwa WhatsApp telah digunakan oleh hampir 1 dari 7 orang di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp kembali memperoleh capaian luar biasa di awal tahun ini. Aplikasi chatting yang dimiliki oleh Facebook tersebut berhasil mencatat rekor dengan jumlah pengguna mencapai 1 miliar.

Sebagai gambaran, dengan jumlah 1 miliar orang, berarti hampir 1 dari 7 orang di seluruh dunia telah menggunakan WhatsApp. 

Capaian ini juga disebut jadi berita gembira untuk Facebook sebagai pemilik WhatsApp. Sebab, keberhasilan ini telah menjadikan WhatsApp sebagai salah satu platform komunikasi yang paling banyak digunakan. Bahkan, jumlah ini menyaingi kepopuleran Facebook Messenger yang hanya memiliki 800 juta pengguna.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook, pun memberi selamat atas capaian WhatsApp kali ini. Lewat sebuah post di akun Facebook-nya, Zuckerberg menuturkan bahwa komunitas WhatsApp saat ini naik dua kali lipat sejak bergabung dengan Facebook.

Tak hanya itu, Zuckerberg juga mengatakan bahwa capaian ini merupakan langkah penting dari upaya untuk terus menghubungkan seluruh dunia.

"Sekarang satu miliar orang sudah menggunakan WhatsApp. Selamat pada Jan, Brian, dan siapa pun yang sudah membantu meraih capaian ini," ujar Zuckerberg, seperti dikutip dari laman akun Facebook-nya, Selasa (2/2/2016).

Lebih lanjut, Zuckerberg juga menegaskan rencana WhatsApp untuk fokus memperoleh uang melalui kerja sama bisnis.

Sebelumnya, WhatsApp memang diketahui telah resmi menghapus biaya berlangganan untuk layanannya. Jadi, pengguna tak perlu lagi membayar biaya berlangganan US$ 1 atau sekitar Rp 13 ribu per tahun. Pembebasan biaya berlangganan ini dipilih, sebab dengan menarik biaya dari pengguna nyatanya tak berjalan efektif.

Untuk itu, WhatsApp berencana untuk mendapatkan pemasukan dari monetisasi komunikasi antara korporasi dan individu. Jadi, mulai tahun ini, WhatsApp akan melakukan uji coba alat yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan korporasi atau organisasi yang diinginkan

Di sisi lain, capaian ini tak lantas membuat WhatsApp berdiam diri. Pengembang aplikasi chatting tersebut menegaskan bahwa fokus mereka masih tetap sama, yakni menghadirkan aplikasi yang lebih baik tiap harinya. Tak hanya itu, WhatsApp pun masih berambisi untuk membuat seluruh warga dunia menggunakan aplikasi ini.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.