Sukses

Mau Tahu Cuaca Terkini? Cek Saja di Aplikasi BMKG

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan informasi cuaca saat ini makin dicari banyak orang. Dulu, orang mesti menonton televisi atau mendengarkan radio untuk mengetahui informasi cuaca. Namun berkat kecanggihan teknologi, kini orang dapat mengetahui cuaca langsung di aplikasi smartphone.

Seakan tampak mengikuti tren perkembangan teknologi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baru saja merilis aplikasi resmi untuk memeriksa informasi cuaca. Aplikasi ini dapat diunduh oleh pengguna smartphone berbasis Android.

Selaras dengan moto pelayanan informasi BMKG yang tersebar secara luas, cepat, tepat, akurat, dan dapat dipahami, BMKG melengkapi informasi yang bukan hanya berkaitan dengan cuaca, tetapi juga iklim, gempa bumi, hingga tsunami secara lebih terperinci.

"Saat ini BMKG melengkapi dengan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis melalui perangkat berbasis Android dengan nama Informasi Cuaca Indonesia," ujar Kepala Subbagian Hubungan Pers dan Media BMKG, Taufan Maulana saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Aplikasi ini, kata Taufan, diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat luas terhadap informasi BMKG, khususnya informasi di bidang cuaca yang dapat diakses secara sederhana, mudah, real-time, tepercaya dan akurat.

Jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis, keunggulan aplikasi cuaca BMKG ini adalah masyarakat dapat mencari berbagai informasi cuaca harian kota-kota yang diinginkannya. Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui informasi peringatan dini cuaca yang dapat diakses di semua provinsi di Indonesia. Bahkan, skalanya hingga ke tingkat kecamatan.

"Ke depan BMKG akan melengkapi dan menyempurnakan aplikasi ini dengan informasi selain cuaca, yaitu informasi iklim dan gempa bumi secara terintegrasi," tutur Taufan.

Menjawab salah satu kebutuhan di sektor modern serta perkembangan teknologi komunikasi yang makin maju dan pesat, menurut Taufan, informasi cuaca menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern. Karena itu, ia berharap informasi BMKG ke depan dapat menjadi acuan bagi masyarakat luas untuk bepergian, berwisata, dan berlibur.

Live Streaming Emtek Goes To Campus 2018 di Yogyakarta

Tutup Video