Sukses

Huawei Bakal Garap GPU dan Flash Memory Sendiri?

Liputan6.com, Jakarta - Huawei dikabarkan akan kembali menambah daftar komponen smartphone produksi sendiri. Setelah memproduksi chipset besutan sendiri, Kirin. Kali ini Huawei disebut juga akan memproduksi prosesor grafis dan flash memory secara mandiri.

Kabar tentang rencana Huawei ini pertama kali diketahui dari sebuah portal berita asal Tiongkok. Upaya untuk memaksimalkan performa Kirin menjadi alasan Huawei berencana untuk mengembangkan GPU dan flash memory sendiri.

Kemampuan Kirin yang lebih baik tentu saja berimbas pada peningkatan performa smartphone Huawei itu sendiri. Untuk itu, Huawei diketahui sudah semakin dekat untuk melaksanakan rencana tersebut.

Adapun untuk flash memory, Huawei dikabarkan tidak akan menggarapnya sendirian. Perusahaan asal Tiongkok itu dirumorkan telah bekerja sama dengan salah satu produsen kenamaan di industri tersebut untuk merancang dan memproduksinya, seperti dikutip dari laman Phone Arena, Senin (21/12/2015).

Namun, untuk saat ini belum diketahui kapan Huawei akan mulai menggunakan komponen buatannya tersebut. Beberapa analis memperkirakan bahwa komponen ini nantinya akan digunakan di smartphone high-end Huawei selanjutnya.

Akan tetapi, jika rencana ini benar-benar terjadi, kemungkinan Huawei tidak akan menggunakannya dalam waktu dekat. Sebab, pengembangan GPU dan flash memory dikenal cukup sulit ditambah Huawei masih perlu uji coba keduanya sampai benar-benar siap digunakan.

Huawei sendiri saat ini memang diakui jadi salah satu vendor smartphone terbesar di bawah Apple dan Samsung. Hal ini diketahui setelah Huawei berhasil mengapalkan 100 juta unit smartphone di tahun 2015.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.