Sukses

Diam-diam Google Luncurkan Layanan Cloud Terbaru

Layanan bernama Google Cloud CDN ini disebut upaya Google untuk bersaing dengan Microsoft dan Amazon yang juga punya layanan serupa.

Liputan6.com, Jakarta - Google diketahui telah merilis sebuah layanan terbaru berbasis komputasi awan (cloud). Layanan yang diberi nama Google Cloud CDN ini merupakan sebuah content delivery network (CDN) baru untuk menarik pengembang independen yang ingin memuat aplikasi besutannya dengan lebih cepat.

Dalam rilisan 'alpha', Google sudah menerima tawaran aplikasi dari orang-orang yang ingin mencoba layanan baru tersebut. Hanya saja saat ini belum semua wilayah dapat menggunakan layanan ini. Namun, lokasi akan ditambahkan saat layanan ini telah beredar penuh.

"CDN menggunakan batas cache ke cache konten HTTP(S) Load Balance yang didistribusikan secara global oleh Google. Dengan cara ini, Google menyediakan pengiriman jaringan lebih cepat dari konten pengembang, sekaligus mengurangi beban di server," ujar Google dalam keterangannya, seperti dikutip dari Venture Beat, Jumat (11/12/2015).

Kehadiran layanan ini disebut sebagai langkah Google untuk mampu berkompetisi dengan penyedia layanan serupa lainnya, seperti Amazon dan Microsoft. Sama seperti Google, Amazon juga menawarkan layanan CDN tersendiri.

Untuk itu, Google pun diketahui menawarkan fitur lain untuk menambah portofolionya di bidang komputasi awan ini. Fitur yang juga ditawarkan Google adalah alat untuk menyimpan dan mengedit kode aplikasi.

Tak hanya soal fitur, layanan cloud tersebut juga bersaing dalam hal harga dari komputasi awan dasar dan infrastruktur penyimpanan. Salah satunya adalah Google memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan ukuran sumber dari mesin virtual individu menggunakan Google Computer Engine.

Google bekerja sama dengan penyedia layanan CDN lain seperti Fastly, CloudFlare, Higwinds, dan Level 3. Selain empat perusahaan itu, Google juga sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan penyedia bisnis CDN terbesar, yakni Akamai.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini