Sukses

Hari Pertama Harbolnas, Sejumlah Situs e-Commerce Alami Down

Dugaan sementara, server dari situs e-Commerce tersebut kewalahan dalam menangani jumlah kunjungan yang meningkat drastis.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti kita ketahui bersama, hari ini merupakan hari pertama dari rangkaian Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2015. Tak dipungkiri, sekitar 140 e-Commerce pun pasti memberikan penawaran menggiurkan.

Namun sangat patut disayangkan, sejumlah situs e-Commerce mengalami down. Dugaan sementara, server dari situs e-Commerce tersebut kewalahan dalam menangani jumlah kunjungan yang meningkat drastis.

Berdasarkan pantauan tim Tekno Liputan6.com, hingga pukul 15.55 WIB, situs e-Commerce yang mengalami down tersebut antara lain Berrybenka, dan Bhinneka.

Ketika kami mencoba untuk mengakses Berrybenka, situsnya sempat beberapa saat tak terbuka dan ikon "loading" terus berputar. Namun, kemudian kami diarahkan ke laman maintenance, dan mendapat pemberitahuan berikut.

"Hi, Kami sedang mempersiapkan PROMO SPEKTAKULER di Berrybenka & Hijabenka dalam rangka Hari Belanja Online Nasional 2015 dan akan segera kembali! Jangan lewatkan, PULUHAN RIBU produk dengan deal terbesar tahun ini. Mulai KAMIS, 10 DESEMBER 2015 di Berrybenka & Hijabenka! Terimakasih dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. See you soon."


Sementara saat kami mencoba untuk masuk ke laman utama Bhinneka, ikon "loading" terus menerus berputar dan kami tidak berhasil mendarat di laman utama laman utama Bhinneka.

Selain situs-situs e-Commerce tersebut di atas, lebih dari 100 situs e-Commerce lainnya yang terlibat dalam Harbolnas ini juga sangat besar mengalami lonjakan kunjungan.

Adapun situs e-Commerce lainnya, seperti Bukalapak, Elevenia, Lazada, dan Mataharimall, masih bisa kami akses. Sebelumnya, Mataharimall juga dikabarkan sempat mengalami down, namun tampaknya langsung segera diatasi.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.