Sukses

Cortana Sambangi Pengguna iOS dan Android

Akhirnya asisten virtual besutan Microsoft ini resmi hadir untuk pengguna iOS dan Android

Liputan6.com, Jakarta - Setelah beberapa waktu lalu hadir dalam versi beta, Cortana, asisten virtual besutan Microsoft akhirnya secara resmi hadir untuk platform iOS dan Android.

Sama seperti di Windows Phone, Cortana versi iOS dan Android hadir dengan beberapa fitur utama, seperti pengingat jadwal, mengetahui cuaca, dan beberapa fungsi lainnya. Namun, disebutkan bahwa Cortana akan hadir dengan fitur berbeda di masing-masing plaftorm.

Salah satu yang sudah diketahui adalah Cortana untuk platform Android. Untuk Android, Cortana dapat diaktifkan dengan perintah "Hey Cortana" ketika pengguna sedang berada di halaman depan atau suatu aplikasi.

Tak hanya itu, bagi pengguna PC atau laptop dengan sistem operasi Windows 10, Cortana versi Android juga dapat disinkronisasi dengan perangkat tersebut. Jadi, pengguna akan tetap dapat terhubung dengan Cortana ketika menggunakan PC atau laptop, termasuk ketika ada notifikasi.

Selain iOS dan Android, Cortana juga disebut akan segera sambangi Cyanogen OS. Nantinya, Cortana akan hadir secara pre-installed di sistem operasi tersebut. Pengguna Cyanogen juga dapat memberi perintah Cortana untuk mengakses pengaturan smartphone.

"Ini adalah pengalaman yang menarik untuk mempelajari cara pengguna berpikir tentang asisten pribadi yang berjalan di beberapa platform," ujar Marcus Ash, program manager di Microsoft yang membawa Cortana ke iPhone dan Android, seperti dikutip dari laman Engagdet, Kamis (10/12/2015).

Hanya saja untuk saat ini Cortana versi iOS dan Android baru tersedia di wilayah Amerika Serikat dan Tiongkok. Bagi yang tertarik, Cortana dapat diunduh secara gratis dengan di masing-masing toko aplikasi.

Untuk dapat menjalakannya, pengguna membutuhkan perangkat yang berjalan minimal dengan iOS 8 atau Android 4.0.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.