Sukses

20% Pengguna Smartphone di Indonesia Rakus Konsumsi Data

Secara rata-rata, penguna smartphone menghabiskan waktu 129 menit per hari untuk menggunakan ponsel pintar.

Liputan6.com, Jakarta - Vserv, platform smart data untuk mobile marketing and commerce, bekerja sama dengan Nielsen Mobile Insight merilis laporan khusus mengenai perilaku pengguna smartphone di Indonesia. Sejumlah temuan menarik diungkap dalam laporan itu.Salah satu temuan menariknya adalah dari sisi karakteristik pengguna, ada yang penggemar game, bintang sosial hingga penggila data. Sekitar 20% pengguna smartphone di Indonesia disebutkan mengonsumsi data dengan kuota besar, sekitar 249 MB/hari, yang dikategorikan sebagai penggila/rakus data. Mereka banyak menginstal aplikasi dan permainan (game) di smartphone mereka.Tak hanya itu, 19% dari pengguna smartphone dikategorikan sebagai penggemar game. Mereka memakai ponsel pintarnya untuk bermain game lebih dari 1,5 jam sehari. Menariknya lagi, 14% pengguna smartphone yang didominasi oleh perempuan menghabiskan hampir satu jam setiap hari di jejaring sosial, chatting dan aplikasi VoIP, yang dikategorikan sebagai Bintang Sosial.Berdasarkan penelitian, secara rata-rata, penguna smartphone menghabiskan waktu 129 menit per hari untuk menggunakan ponsel pintar, dengan rata-rata total penggunaan data 197 Mb/hari."Dengan proliferasi cepat dari pengguna mobile internet di Indonesia, pemasar memerlukan wawasan akan konsumen guna membantu mereka untuk membentuk sebuah strategi keterlibatan yang efektif," kata Sagar Phadke, Direktur Eksekutif, Consumer Insights, Nielsen Indonesia.Senada dengan Sagar, Associate Vice President, Global Marketing, Vserv -- Pranab Punj -- mengatakan bahwa penting bagi perusahaan untuk meningkatkan relevansi pesan mereka dan memperkaya pengalaman konsumen.

"Mereka perlu merumuskan strategi yang terfokus pada persona pengguna dan tujuan perusahaan. Data singkat ini memungkinkan pemasar untuk mengetahui, memahami dan target audiens mereka lebih sesuai dengan merumuskan strategi yang lebih tepat," jelas Pranab.Dari laporan ini juga terungkap bahwa jumlah pengguna smartphone di Indonesia terus bertambah, dengan laju pertumbuhan majemuk tahunan (CAGR) mencapai 33% dari 2013-2017. Pertumbuhan pesat ini didorong oleh pengguna usia muda di bawah 30 tahun, tepatnya usia 18-24 tahun, dengan porsi 61 persen dari seluruh pengguna.Adapun jumlah pengguna smartphone di Indonesia tahun ini, menurut data dari eMarketer, diperkirakan mencapai 52 juta. Angka ini diprediksi akan terus bertambah lagi menjadi 69 juta pada 2016 dan 87 juta pada 2017.Laporan ini dirancang berdasarkan pada pengumpulan data penggunaan otomatis dari lebih dari 1.600 pengguna smartphone di Indonesia, yang dilakukan selama tiga bulan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknologi smartphone metering inovatif yang dipasang oleh opt-in panelis pada perangkat smartphone mereka. Laporan lengkap SUPR dapat dilihat di sini.(Dew/Isk)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini