Sukses

Ini Hal yang Perlu Diketahui soal VoLTE

Liputan6.com, Parapat - Mungkin sebagian besar pembaca Tekno Liputan6.com masih bingung soal teknologi Voice over LTE (VoLTE), serta apa manfaatnya bagi pengguna.

Karena dari itu, tim Tekno Liputan6.com mengorek berbagai informasi soal VoLTE dari Smartfren, yang juga bakal menghadirkan teknologi itu pada 2016. Informasi ini dihimpun saat paparan Network Drive Test di sejumlah wilayah Sumatera Utara.

VoLTE merupakan layanan suara (voice) yang berbasis Long Term Evolution (LTE). Sebetulnya, layanan ini tak ada bedanya dengan layanan suara via teknologi 2G/3G. Hanya saja suara yang dihasilkan VoLTE diklaim berkualitas lebih baik dan jernih.

Lalu, bagaimana cara pakainya? Menurut uraian Munir Syahada Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren, pengguna smartphone 4G dapat menelepon ke sesama pengguna smartphone 4G lainnya. Namun dengan catatan, opsi jaringan yang dipilih adalah 'LTE Only'.

Lantas muncul pertanyaan, apakah pengguna GSM/CDMA bisa menelepon ke ponsel VoLTE atau sebaliknya?

"Bisa saja itu terjadi. Sayangnya, jika pengguna GSM/CDMA telepon ke VoLTE, suaranya tak sejernih VoLTE ke mereka. Itu bergantung pada jaringan GSM/CDMA," ujar Munir.

Tak hanya itu, pengguna GSM/CDMA yang menelepon ke ponsel VoLTE tak bisa menikmati layanan video call. Ya, salah satu keunggulan VoLTE adalah pengguna dapat menikmati layanan tersebut.

"Ketika percakapan sedang berlangsung, mereka bisa langsung switch ke opsi video pada layar," tuturnya.

(Cas/Why)*