Sukses

5 Perangkat Teknologi Usang yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Berikut ini adalah 5 (lima) perangkat teknologi usang yang masih digunakan dan eksis hingga saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja mengumumkan bahwa pihaknya akan segera mempensiunkan kaset video Betamax, yang menuai kesuksesan pada 1975 dan kemudian ekspansinya mulai memudar ketika kaset VHS hadir di tahun berikutnya.

Pertanyaannya, apakah masih ada yang menggunakan mereka? Ternyata ada banyak perangkat teknologi usang yang masih diproduksi dan digunakan di seluruh dunia, dan itu bukan hanya untuk kepentingan nostalgia.

Berikut ini adalah 5 (lima) perangkat teknologi usang yang masih digunakan dan eksis hingga saat ini, sebagaimana dikutip dari laman Huffington Post, Selasa (17/11/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Floppy disk

Floppy disk

Anda mungkin sudah tak pernah menggunakan floppy disk sejak awal 90an, namun rupanya perangkat penyimpanan ini masih digunakan di Gedung Putih. Menurut penasehat teknologi Barack Obama, Megan J. Smith, sebagian aktivitas administrasi di Gedung Putih masih didukung dengan floppy disk.

Perangkat penyimpanan ini sendiri pertama kali dikembangkan pada tahun 1960. Floppy disk juga digunakan di kesatuan Angkatan Udara AS di fasilitas rudal nuklir di Wyoming.

Tahun lalu, rudal nuklir darat yang dioperasikan oleh komputer jadul ditemukan menjalankan disket berukuran 8 inci.

3 dari 6 halaman

Mesin Voting

Mesin Voting

Mesin voting hingga kini masih digunakan di Amerika Serikat, dan terus beroperasi menggunakan suku cadang yang diperoleh dari eBay. Mesin baru yang lebih canggih dengan sekitar US$ 6.000 dianggap cenderung sering menyebabkan pelanggaran dalam proses jajak pendapat.

Pemerintah Amerika Serikat menggelontorkan dana sebesar US$ 2 miliar, untuk digunakan dalam sebuah kongres sampai lebih dari satu dekade yang lalu. Sementara itu, koresponden Daily Show, Ronny Chieng mencatat, mesin voting sangat efektif di India karena ukurannya sangat compact dan hanya seharga US$ 175.

4 dari 6 halaman

Kaset Pita

Kaset Pita

Bukan rahasia lagi kalau pasar vinyl masih booming hingga generasi CD dan MP3 player. Namun, mungkin Anda akan terkejut ketika mengetahui bahwa kaset pita memiliki penjualan yang lebih baik dari sebelumnya untuk beberapa pemasok.

National Audio Company (NAC), salah satu produsen kaset terbesar yang masih eksis, mengatakan kepada Bloomberg Business bahwa itu merupakan era bagi perusahaan.

"Sekarang, kita memproduksi lebih banyak kaset dari yang pernah kita buat, dan itu adalah sesuatu yang luar biasa di tahun 2015," kata Presiden NAC, Steve Stepp kepada Bloomberg Business. 

5 dari 6 halaman

Pager

Pager

Industri medis sebagian besar masih bergantung pada pager. Seorang analis bernama Ronald Gruia mengatakan, dokter dan perawat selalu membawa pager karena mereka membutuhkannya dan karena biaya penyediaan smartphone untuk staf dan layanan seluler terbilang mahal untuk lembaga medis.

Bukan itu saja, pager juga dianggap memiliki baterai yang tidak boros dan jaringan selulernya aman terhadap situasi darurat. Pager bahkan dianggap memiliki bentuk yang paling aman untuk aktivitas komunikasi antara profesional medis saat menanggapi krisis.

6 dari 6 halaman

Mesin Fax

Mesin Fax

Amerika Serikat telah menjadikan mesin fax sebagai artefak di Museum Smithsonian, sementara rumah tangga Jepang membeli 1,7 juta unit mesin fax keluaran lama pada 2012. Meskipun penjualannya merosot pada tahun 2014, The Japan Times mencatat, mesin ini masih tetap digunakan.

"Masih ada sesuatu dalam budaya Jepang yang menuntut kehangatan, dimana secara personal Anda dapat mengirim tulisan tangan melalui fax ," kata pemilik usaha Yuichiro Sugahara kepada The New York Times.

Disebutkan bahwa hampir semua kantor bisnis dan hampir setengah rumah-rumah pribadi di Jepang memiliki satu unit mesin fax di tahun 2011. Bahkan dilaporkan The Jerusalem Post, mesin fax juga menjadi hal yang umum di Israel.

(isk/cas)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini