Sukses

Google Doodle Turut Peringati Hari Ayah Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama setelah memperingati hari ulang tahun aktris lawas Hedy Lamarr pada 9 November 2015 lalu, Google kembali memperingati Hari Ayah Nasional pada hari ini, Kamis (12/11/2015). Uniknya, peringatan Hari Ayah rupanya dirayakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai negara.

Di halaman muka pencarian Google, tampak animasi lucu yang berganti-ganti dari doodle seekor pinguin, berubah menjadi anjing dan seekor puppy (anak anjing), lalu berubah lagi menjadi seekor kucing dan tiga ekor anaknya, hingga menjadi seorang Ayah dengan anak laki-lakinya.

Pesan yang ingin disampaikan Google sederhana, perayaan Hari Ayah tak hanya dirasakan oleh manusia, tetapi juga seluruh makhluk hidup.

Hari Ayah telah diperingati di seluruh belahan dunia sejak awal abad XII. Terdapat sekitar lebih dari 75 negara yang memperingati Hari Ayah. Di negara Amerika Serikat, Italia, Jerman dan Hong Kong, Hari Ayah dipreingati pada hari Minggu di minggu ketiga pada bulan Juni. Layaknya seperti Hari Ibu, sang anak biasanya memberikan Ayahnya sebuah kado di momen spesial tersebut.

Mengutip informasi di laman Father's Day Celebration, Hari Ayah memang sangat erat dengan momen dimana sang Ayah diberikan hadiah sebagai tanda terima kasih sang anak.

"Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men’s Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 19 November.

Sementara, peringatan Hari Ayah Nasional di Indonesia pertama kali diadakan pada tanggal 12 November 2006 silam. Hari Ayah pertama kali dideklarasikan di Pendapa Gede Balaikota Solo, Jawa Tengah oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Selamat Hari Ayah Nasional, bagi seluruh Ayah di Indonesia!

(jek/dew)